THE EFFECT OF SALES GROWTH AND PROFITABILITY ON COMPANY VALUE IN PLASTIC AND PACKAGING SUB-SECTOR COMPANIES REGISTERED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE 2014-2019 PERIOD
Abstract
Perusahaan berupaya untuk memaksimalkan nilai perusahaan untuk menarik calon investor berinvestasi. Nilai perusahaan merupakan harga yang dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan akan di jual. Nilai perusahaan tercermin dari harga saham yang stabil, yang dalam jangka panjang mengalami kenaikan, semakin tinggi harga saham maka semakin tinggi pula nilai perusahaan dimana pemilik perusahaan menginginkan nilai perusahaan yang tinggi juga.Nilai perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pertumbuhan penjualan dan profitabilitas yang merupakan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. (2) mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. (3) mengetahui pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 3 perusahaan.Sampel dipilih menggunakan metode purposive samping. Jenis penelitian yang digunakan adalah verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Data di uji menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pertumbuhan penjualan dengan variabel sales growth berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dengan variabel price book value dan hasil pengolahan data menunjukkan nilai signifikansi sales growth sebesar 0,811dan nilai - ttabel > - thitung yaitu-1,75305>-0,244 yang berarti H1 ditolak, sedangkan profitabilitas dengan variabel return on assets berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, yang menunjukkan nilai signifikansi return on assets sebesar 0,653dengan nilai -ttabel>-thitung yaitu -1,75305 >thitung-0,459 yang berarti H2 ditolak. Hasil penelitian secara simultan mengungkapkan bahwa pertumbuhan penjualan dan profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,865yang berarti > dari 0,05 dan nilai Fhitung<Ftabel sebesar 0,146<3.68 maka H3 ditolak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.