Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Agriculture yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018

Dewi Sevie Amelia, Hendro Sasongko, Agung Fajar Ilmiyono

Abstract


Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham suatu perusahaan. Nilai perusahaan menjadi penting karena menyangkut citra suatu perusahaan dan menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh (1) corporate social responsibility, (2) GCG yang diproksikan oleh dewan komisaris (3) GCG yang diproksikan oleh dewan direksi (4) GCG yang diproksikan oleh komite audit secara parsial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan konstruksi bangunan yang terdaftar di BEI pada periode 2013 – 2017, dan (5) menguji pengaruh corporate social responsibility, GCG yang diproksikan oleh dewan komisaris, dewan direksi, dan komite audit secara simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan agriculture  yang terdaftar di BEI pada periode 2014 – 2018. Penelitian mengenai corporate social responsibility, good corporate givernance dan nilai perusahaan dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan agriculture dengan menggunakan data sekunder dengan metode penarikan sampel berupa purposive sampling. Metode analisis data berupa analisis kuantitatif dengan menggunakan uji kesesuaian model, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan program Eviews 10. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa corporate social responsibility dan dewan komisaris berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan, dewan direksi dan komite audit tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.