Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018

Cittra Monika, Hari Gursida, May Mulyaningsih

Abstract


      Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2014-2018 baik secara parsial maupun simultan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling Metode analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan bantuan program IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 25. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil variabel leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hasil pengujian secara simultan dengan uji F yaitu leverage dan ukuran perusahaan secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba  pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.