PENGARUH RETURN ON ASSET DAN THIN CAPITALIZATION TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017

Raras Ciptaningrum, Ketut Sunarta, Haqi Fadillah

Abstract


Pajak merupakan sumber keuangan yang sangat besar dalam membiayai keperluan pemerintah. Namun, dalam mengoptimalkan penerimaan pajak terdapat perbedaan kepentingan antara pemerintah dengan perusahaan (wajib pajak). Perbedaan kepentingan tersebut yang menyebabkan adanya tax planning dalam meminimalisir beban pajak yang disebut tax avoidance. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh return on asset dan thin capitalization baik secara parsial (Uji-t) maupun simultan (Uji-f) terhadap tax avoidance yang diproksikan dengan Cash Effective Tax Rate (CETR). Data diuji menggunakan software Eviews 10 dengan kriteria purposive sampling dan menggunakan uji analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa return on asset (X1) dan thin capitalization (X2) berpengaruh negatif baik secara parsial maupun secara simultan terhadap tax avoidance (Y) pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.