ANALISIS EFEKTIVITAS KINERJA PELAYANAN MASYARAKAT BERDASARKAN LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR

Nur Fitriyah, Yohanes Indrayono, Dessy Herlisnawati

Abstract


Dalam mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) dan dalam rangka
pengembangan dan penerapan system pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintah dan
pelaksanaan pembangunan yang tepat, jelas, terukur dan akuntabel, maka Instansi Pemerintah
ditingkat pusat maupun daerah harus menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi
Pemerintah. Dalam Lporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tersebut dilaporkan tentang
program-program yang dilaksanakan atau terealisasi sehingga dapat dievaluasi data tersebut
sudah benar-benar mencerminkan pelayanan yang efektif dengan melihat target yang telah
ditetapkan berdasarkan Rencana Kinerja Tahunan. Penelitian ini dilakukan pada Pemerintah
Daerah Kabupaten Bogor Tahun 2019. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor. Sampel yang dipilih menggunakan metode
analisis deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu penelitian
dengan teknik penelitian wawancara. Penelitian menggunakan analisis persentase pencapaian
kinerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.