Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Kontruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018

Adelia Saphira, Budiman Slamet, Sigit Edy Surono

Abstract


Nilai perusahaan adalah nilai jual sebuah perusahaan sebagai suatu bisnis yang beroperasi. Adanya
kelebihan nilai jual diatas nilai likuidasi adalah nilai dari organisasi manajemen yang menjalankan perusahaan
itu. Nilai perusahaan dapat ditentukan dengan mengkapitalisasikan keuntungan yang diharapkan di masa yang
akan datang. Tujuan yang harus dicapai olch manajer keuangan adalah bukan memaksimumkan profit
melainkan memaksimumkan kemamakmuran pemegang saham atau maximization wealth of stockholders
melalui maksimalisasi nilai perusahaan. Nilai perusahaan dapat meningkat apabila profitabilitas dari suatu
perusahaan meningkat, selain itu nilai perusahaan juga dapat meningkat dari besar kecilnya suatu perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menguji dan menjelaskan Pengaruh Pengungkapan Corporate Social
Responsibility dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Kontruksi
Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018. Penelitian ini dilakukan pada
perusahaan sub sektor Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018. Sampel yang
digunakan pada penelitian ini sebanyak 7 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive
sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif bersifat verifikatif
yang berfungsi sebagai penganalisis data yang telah dikumpulkan. Data diuji dengan menggunakan SPSS 25
dengan menggunakan uji Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda,
Analisis Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil pengujian secara parsial dengan
uji t mendapatkan hasil bahwa variabel Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan
dan variabel Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Hasil pengujian secara simultan
dengan uji f yaitu Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Kontruksi Bangunan yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Simpulan berdasarkan hasil penelitian bahwa yang mempengaruhi Nilai
Perusahaan pada perusahaan sub sektor Kontruksi Bangunan yaitu Corporate Social Responsibility. Adapun
saran bagi penelitian-penelitian selanjutnya agar meneliti lebih lanjut mengenai hal yang memiliki pengaruh
terhadap Nilai Perusahaan secara lebih mendalam. diharapkan agar dapat menambah jumlah sampel pada
perusahaan yang diteliti. Serta meneliti menggunakan variabel lain agar dapat memberikan hasil yang lebih
baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.