ANALISIS PERHITUNGAN HARGA JUAL MENGGUNAKAN METODE TARGET RETURN ON SALES PRICING DENGAN PENDEKATAN FULL COSTING PADA PRODUK TAS BORSEL

Mhd Efriyanto, Hendro Sasongko, Dessy Herlisnawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dan
harga jual yang diterapkan oleh usaha tas Borsel serta memberikan rekomendasi perhitungan
harga pokok produksi dengan metode full costing dan harga jual dengan metode target return
on sales pricing.
Penelitian ini dilakukan di UMKM Tas Borsel menggunakan metode analisis deskriptif
dengan teknik penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan data sekunder.
Dari hasil analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan harga
pokok produksi perusahaan lebih rendah dibandingkan dengan metode full costing. Harga
pokok produksi oleh perusahaan adalah Rp 56.462 backpack D300, Rp 27.034 backpack D600,
Rp 49.502 backpack Kanvas, dan Rp 59.897 backpack 1680. Sedangkan harga pokok produksi
metode full costing adalah Rp 58.989,75 backpack D300, Rp 29,561,75 backpack D600, Rp
52.029,75 backpack Kanvas, dan Rp 62.424,75 backpack 1680. Perhitungan harga jual
perusahaan hanya melakukan estimasi keuntungan untuk setiap tas sedangkan penentuan
harga jual metode target return on sales pricing menghitung harga jual dengan memberikan
persentase laba sebesar 30% di setiap jenis tas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.