PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2013-2017

Reni Aprianti, Yohanes Indrayono, Asep Alipudin

Abstract


Pengungkapan Corporate Social Responsibility merupakan salah satu mekanisme yang dapat digunakan
untuk mengkomunikasikan perusahaan dengan stakeholders. Adanya ketidak konsistenan akan hasil akhir yang telah
dilakukan oleh penelitian sebelumnya mengenai pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap pengungkapan
corporate social responsibility mendorong peneliti untuk melakukan penelitian lanjutan dengan tujuan untuk
mengetahui Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada
Perusahaan Sub Sektor Rokok Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017. Penelitian ini
menggunakan data sekunder, populasi dari perusahaan sub sektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia adalah
4 perusahaan, dengan menggunakan metode penarikan sampel purposive sampling maka terdapat 3 perusahaan yang
memenuhi syarat penelitian, metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji
hipotesis menggunakan SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian uji statistik t menunjukan bahwa secara parsial
profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility, likuiditas (CR) tidak
berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Hasil penelitian uji F menunjukan bahwa
secara bersama-sama profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social
Responsibility.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.