ANALISIS HUBUNGAN COST-VOLUME-PROFIT (CVP) UNTUK PERENCANAAN LABA PADA PT. HOTEL PROPERTI INTERNASIONAL (SALAK TOWER HOTEL)

Hendro Musthofa Widyanto, Arief Tri Hardiyanto, Retno Martanti E.L

Abstract


Pengertian laba dapat dibedakan menjadi dua, yakni pengertian secara ekonomi murni maupun
pengertian secara akutansi. Laba dalam ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai keuntungan yang
didapat oleh seorang investor dalam suatu kegiatan bisnisnya. Hal ini tentu sudah dikurangi dengan
biaya operasional yang ada di suatu bisnis yang dijalankan. Hal ini akan memberikan kemudahan
dalam memahami laba atau yang secara umum dikenal dengan kata keuntungan. Sementara itu, laba
menurut ilmu akuntansi didefinisikan sebagai selisih antara harga penjualan dengan biaya yang
dikeluarkan pada saat produksi. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana merencanakan laba
dengan menggunakan analisis cost-volume-profit (CVP) pada PT. Hotel Properti Internasional (Salak
Tower Hotel), dengan bertitik tolak dari latar belakang persaingan dan pertumbuhan hotel-hotel yang
semakin menjamur di kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan dan
perencanaan laba
PT. Hotel Properti Internasional (Salak Tower Hotel) secara keseluruhan dengan menggunakan
analisis cost-volume-profit (CVP) untuk multi-product pada tahun 2016- 2017 dan untuk mengetahui
berapa tingkat margin of safety (tingkat penjualan minimal perusahaan agar tidak menderita kerugian)
pada tahun yang dijadikan obyek penelitian. Data yang digunakan berasal dari hasil studi pustaka,
observasi dan wawancara pada obyek penelitian. Penelitian data menggunakan metode regresi kuadrat
terkecil (least-squares regression method) dengan bantuan program Microsoft Excel untuk melakukan
pemisahan biaya semivariabel menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Berdasarkan hasil perhitungan
analisis cost-volume-profit (CVP), menunjukkan bahwa PT. Hotel Properti Internasional (Salak Tower
Hotel) telah melakukan perencanaan laba dengan baik dilihat dari tingkat laba yang dihasilkan dan
tingkat margin of safety (penjualan minimal perusahaan agar tidak menderita kerugian) yang semakin
meningkat dari tahun ke tahun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.