PENGARUH UTANG TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PT UNILEVER INDONESIA Tbk
Abstract
Utang adalah kewajiban untuk menyerahkan uang, barang, atau jasa
kepada pihak lain dimasa yang akan datang sebagai akibat dari transaksi yang
telah terjadi dimasa yang lalu atau sebelumnya. Ditinjau dari jangka waktu
pelunasan atau alat pelunasan utang dapat di bagi menjadi dua kelompok yaitu
utang jangka pendek dan utang jangka panjang. Selain utang yang digunakan
untuk membiayai segala aktivitas perusahaan, masalah profitabilitas juga
penting karena menyangkut kelangsungan hidup suatu perusahaan. Suatu
perusahaan harus selalu berada dalam keadaan menguntungkan, karena tanpa
adanya keuntungan akan sulit bagi perusahaan untuk menarik modal dari luar.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya
pengaruh utang jangka pendek terhadap Profitabilitas pada PT Unilever
Indonesia Tbk; (2) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh utang
jangka panjang terhadap Profitabilitas pada PT Unilever Indonesia Tbk; dan (3)
Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh utang jangka pendek dan
utang jangka panjang terhadap Profitabilitas pada PT Unilever Indonesia Tbk.
Penelitian ini dilakukan pada PT Unilever Indonesia Tbk. Data yang
digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan PT Unilever
Indonesia Tbk. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif
verifikatif, uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji
multikolinieritas dan uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda dengan
pengujian hipotesis uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F) dan keofisien
determinasi.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan persamaan Y = 2.159
+ 6.975X1 – 5.774X2 + ɛ. Uji F mempeoleh hasil Fhitung sebesar 6.220 dengan
taraf signifikasi 0.155, sedangkan uji t memperoleh hasil thitung 3.513 sebesar
dengan taraf signifikasi 0.010 untuk utang jangka pendek, thitung -3.017 sebesar
dengan taraf signifikasi 0.019 untuk utang jangka panjang. Koefisien
determinasi memperoleh hasil sebesar 0,537 yang berarti 53,7% profitabilitas
PT Unilever Indonesia Tbk dipengaruhi oleh utang (utang janga pendek dan
utang jangka panjang), sedangkan sisanya 46.3 % dipengaruhi oleh variable
lain diluar variable penelitian ini.
Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial maupun secara simultan
baik utang jangka pendek dan utang jangka panjang memiliki pengaruh
terhadap profitabilitas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.