PENGARUH PROFITABILITAS DAN NILAI ASET TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Rahma Windi Wandin, Chandra Pribadi, Haqi Fadillah

Abstract


Agresivitas pajak merupakan suatu kegiatan perencanaan pajak semua perusahaan yang terlibat
dalam usaha untuk mengurangi tingkat pajak yang efektif. Walaupun tidak semua tindakan
perencanaan pajak melanggar hukum, akan tetapi semakin banyak celah yang digunakan maka
perusahaan tersebut dianggap semakin agresif. Profitabilitas dan Nilai aset yang besar memiliki
kesempatan yang luas untuk melakukan perencanaan pajak perusahaan. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji pengaruh profitabilitas dan nilai aset terhadap agresivitas pajak perusahaan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian verifikatif explanation survey dengan
menggunakan data sekunder. Metode pengolahan atau analisis data yang digunakan adalah
statistik deskriptif, pengujian asusmsi klasik dengan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji
multikolinieritas, uji autokorelasi, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan
menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial (uji t)
variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, dikarenakan perusahaan
lebih menjaga nama baik perusahaan daripada melakukan tindakan agresivitas pajak. Sedangkan
pada variabel nilai aset berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukan bahwa
semakin besar nilai aset suatu perusahaan, maka tindakan agresivitas pajak perusahaan semakin
rendah, dikarenakan perusahaan berskala besar menjadi sorotan publik. Kemudian secara
simultan (uji F) profitabilitas dan nilai aset berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hal ini
menunjukan bahwa semakin besar profitabilitas dan nilai aset perusahaan maka tindakan
agresivitas pajak semakin rendah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.