Peranan Pengendalian Internal Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Pada PT Anugerah Dewata Bangun Samudera Tahun 2015-2017

Phinina Bertiana Poetry, Wayan Rai Suarthana, May Mulyaningsih

Abstract


Perusahaan menginginkan semua proses penjualan berjalan dengan efektif agar semua operasional
berjalan dengan sesuai prosedur yang ada di dalam perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
mengetahui penerapan pengendalian internal penjualan pada PT Anugerah Dewata Bangun Samudera. (2)
untuk mengetahui efektivitas penjualan pada PT Anugerah Dewata Bangun Samudera. (3) untuk
mengetahui peranan pengendalian internal penjualan terhadap efektivitas penjualan pada PT Anugerah
Dewata Bangun Samudera.
Penelitian ini dilakukan pada PT Anugerah Dewata Bangun Samudera tahun 2015-2017. Sampel
sebanyak 20 responden dari 20 populasi. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Data diuji menggunakan SPSS 23
dengan uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis.
Hasil perhitungan dengan uji t mendapatkan hasil bahwa Pengendalian Internal Penjualan (PIP)
berperan signifikan terhadap Efektivitas Penjualan (EP) PTĀ Anugerah Dewata Bangun Samudera. Hasil ini
juga menyatakan bahwa hipotesis diterima, yang artinya pengendalian internal penjualan pada PT
Anugerah Dewata Bangun Samudera sudah berjalan dengan baik dan efektif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.