ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK HOMECARE PADA CV MAMATATA FITRIA SEJAHTERA PERIODE TAHUN 2021

Mita Maryanti, Retno Martanti E.L, Abdul Kohar, Delta Hadi Purnama

Abstract


CV Mamatata Fitria Sejahtera merupakan UMKM yang bergerak di bidang manufaktur yang kegiatan utamanya adalah pembuatan produk homecare. Dalam menghitung harga pokok produksi, perusahaan masih menggunakan metode sederhana dan belum memasukkan beberapa unsur biaya ke dalam perhitungannya. Oleh karena itu, perusahaan perlu untuk melakukan perhitungan harga pokok produksi secara tepat, sehingga informasi yang dihasilkan dapat diandalkan dengan baik untuk penentuan harga jual yang sesuai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis perbandingan harga pokok produksi yang dijadikan dasar dalam penentuan harga jual produk berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh perusahaan dengan perhitungan berdasarkan metode full costing untuk masing-masing produk yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan pada CV Mamatata Fitria Sejahtera dengan menggunakan data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing sebagian besar memiliki nilai lebih rendah jika dibandingkan dengan harga pokok produksi menurut perusahaan. Selain itu, penetapan harga jual produk dengan metode cost plus pricing sebagian besar memiliki nilai lebih rendah dibandingkan dengan harga jual menurut perusahaan, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode full costing dan metode cost plus pricing dianggap lebih menguntungkan dibandingkan dengan metode yang ditetapkan oleh perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N., & Nugroho, T. R. (2018). Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Untuk Menetapkan Harga Jual Krupuk Ikan Tenggiri pada CV Dua Bersaudara. Prosiding Conference on Economic & Business Adi Buana University of Surabaya, 4(4), 10–20.

Anggreani, S., & Adnyana, I. G. S. (2020). Penentuan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual pada UKM Tahu AN Anugrah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan (JIAKES), 8(1), 9–16. https://doi.org/10.46367/jas.v4i2.247

Kholmi, M. (2019). Akuntansi Manajemen. Malang: UMMPress.

Lestari, R. P. (2018). Alokasi Biaya Bersama dalam Menentukan Harga Pokok Produksi Prol Tape pada UD Purnama Jati. Skripsi. Universitas Jember.

Lumowa, C. S., Tinangon, J. J., & Wangkar, A. (2020). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Menetapkan Harga Jual Pada Holland Bakery Boulevard Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 15(1), 28–35. https://doi.org/10.32400/gc.15.1.27835.2020

Maghfirah, M., & Syam BZ, F. (2016). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Penerapan Metode Full Costing pada UMKM Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 1(2), 59–70.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya (Edisi 5). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Nurhotijah, Y., Situmorang, M., & Alipudin, A. (2017). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Air Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada PDAM Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi Periode 2015-2016. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 2(2).

Purnama, D., Muchlis, S., & Wawo, A. (2019). Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 10(1), 119–132. https://doi.org/10.33558/jrak.v10i1.1647

Puspitasari, F. (2018). Pengalokasian Biaya Bersama dalam Penentuan Harga Pokok Produksi pada UD Bali Busana Garment Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 428–439.

Siregar, B., Suripto, B., Hapsoro, D., Lo, E. W., & Biyanto, F. (2019). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Sujarweni, V. W. (2015). Akuntansi Biaya (Edisi Pert). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriyono. (2018). Akuntansi Biaya (Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.