ANALISIS PENDEKATAN TARGET COSTING SEBAGAI ALAT PENILAIAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PERUSAHAAN

Niko Candra Adi Putra, Buntoro Heri Prasetya, Dessy Herlisnawati, Ading Fadhil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan metode target costing agar dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi serta dapat memperoleh laba yang diharapkan oleh UMKM Warunk Si Adul. Metode ini dinilai sangat baik untuk perusahaan terutama pada UMKM agar perusahaan dapat mengelola biaya produksi dengan baik. Penerapan metode target costing diharapkan dapat dijadikan sebagai alat untuk mengefisiensikan biaya produksi penjualan produk dari UMKM Warunk Si Adul. Jenis data yang diteliti adalah data kualitatif dan kuantitatif (non statistik) yang merupakan data primer dan sekunder. Data kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara atau berupa uraian mengenai variabel yang diteliti, sedangkan data kuantitatif adalah mengenai jumlah, tingkatan, perbandingan, volume, yang berupa angka-angka. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah studi kasus. Berdasarkan hasil analisis mengenai penerapan metode target costing, yang menunjukkan bahwa penerapan target costing pada UMKM Warunk Si Adul jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan yang dilakukan oleh UMKM selama ini, dengan menerapkan metode target costing maka UMKM Warunk Si Adul dapat memperoleh penghematan biaya untuk menu coffee latte dan menu kopi susu gula aren.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.