PENERAPAN TARGET COSTING DALAM PENETAPAN HARGA JUAL DAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA VOMIT CAFÉ TAHUN 2021

Zaini Miftahussalam, Arief Tri Hardiyanto, Amelia Rahmi, Ida Farida

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode target costing terhadap penetapan harga jual dan efisiensi biaya produksi pada Vomit Café tahun 2021. Penelitian ini dilakukan di Vomit Café menggunakan metode analisis deskripstif dengan teknik penelitian kuantitatif dan kualitatif non statistic. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan target costing dapat mempengaruhi dalam meningkatkan efisiensi biaya produksi pada Vomit Café. Hal ini dikarenakan setelah dilakukan  rekayasa nilai pada produk Potato Wedges menentukan harga jual sebesar Rp18.000, biaya per unitnya sebesar Rp12.585, dengan rasio biaya 69,91% dan laba pada produk tersebut sebesar Rp5.415 dengan rasio laba 30.09%. Rekayasa nilai pada produk Cookies Milkshake menentukan harga jual sebesar Rp17.000, biaya per unitnya sebesar Rp11.893, dengan rasio biaya 69,95% dan laba pada produk tersebut sebesar Rp5.107 dengan rasio laba 30,05%. Perbandingan perhitungan biaya produksi menurut perusahaan dan menurut target costing menghasilkan selisih yang cukup signifikan. Pada produk Potato Wedges menghasilkan selisih sebesar Rp3.551 per unit dengan rasio penghematan 22%. Pada produk Cookies Milkshake menghasilkan selisih sebesar Rp1.208 dengan rasio penghematan 9,22%.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.