PENGARUH KINERJA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH KOTA BOGOR TAHUN 2018–2020

Kinanti Ananda Permata Hati, Edy Sudaryanto, Asep Alipudin, Nizar Kamil

Abstract


Laporan keuangan yang berkualitas sangatlah penting dikarenakan informasiyang terdapat dalam laporan haruslah relevan, dan jika dalam penyajiannya tidak dapat diandalkan maka informasi tersebut tidak dapat digunakan atau dipercayai oleh pengguna informasi tersebut. Proses pelaporan keuangan keuangan pemerintah daerah dilakukan dengan mengacu pada Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) yang telah ditetapkan. Setelah sesuai dengan standar yang berlaku, maka laporan keuangandaerah harus diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui informasi/keadaan tertentu dari subjek yang diteliti mengenai pengaruh kinerja organisasi terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Kota Bogor periode 2018–2020 menjadi sebuah kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain.

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu merupakan penelitian yang datanya berupa angka dan data kualitatif yaitu data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, focus gruop, dan metode serupa. Dengan bertujuan untuk menguji suatu hipotesis apakah hasilnya dapat terbukti benar atau bahkan tidak terbukti. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif, perspektif keuangan dengan nilai Return On Assets memperoleh rata-rata sebesar 7,76%, Return On Equity memperoleh rata-rata sebesar 84,4%, pertumbuhan pendapatan memperoleh rata-rata sebesar 7,76%, dan pertumbuhan biaya operasi memperoleh rata-rata sebesar 60,43%. Dengan hal itu secara keseluruhan perspektif keuangan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, perspektif pelanggan memiliki rata-rata skor adalah 3,34 dalam rentang skor 1 sampai dengan 4. Dapat diketahui juga nilai tingkat capaian responden (TCR) adalah 83,56% dan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, perspektif bisnis internal memiliki rata-rata skor adalah 3,38 dalam rentang skor 1 sampai dengan 4. Dapat diketahui juga nilai tingkat capaian responden (TCR) adalah 84,56% dan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran di peroleh rata-rata sebesar 90,5% dan dikategorikan sangat baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.