PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, PROFITABILITAS , UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2017- 2021

Tasya Azzahra, Monang Situmorang, Sujatmiko Wibowo, May Mulyaningsih

Abstract


Manajemen Laba adalah campur tangan dalam proses penyusunan pelaporan keuangan eksternal
untuk memperoleh keuntungan pribadi serta upaya ketentuan perundang-undangan perpajakan untuk
meminimalisir beban pajak. Manajemen laba dihitung dengan melakukan pengujian secara statistik untuk
mendeteksi faktor yang mempengaruhi pergerakan laba. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh
perencanaan pajak, profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage pada perusahaan manufaktur sektor
industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada 2017-2021. Penelitian ini dilakukan di
Bursa Efek Indonesia pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dengan menggunakan
data sekunder dan metode penarikan sampel berupa purposive sampling. Metode analisis data kuantitatif
dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi data panel, dan uji hipotesis yang menggunakan E-
views versi 10. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa perencanaan pajak, profitabilitas dan leverage
tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan, ukuran perusahaan berpengaruh
negatif secara signifikan terhadap manajemen laba. Secara simultan perencanaan pajak, profitabilitas,
ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh terhadap manajemen laba.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.