ENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT MAYORA INDAH,TBK PERIODE 2006-2015

Rifka Khorrunisa, Hendro Sasongko, Retno Martanti Endah.

Abstract


Rifka Khorrunisa. 022111301. Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada PT Mayora Indah,Tbk. Dibawah bimbingan: Hendro Sasongko dan Retno Martanti Endah. 2017.
Modal Kerja merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, karena perusahaan selalu membutuhkan modal kerja untuk membiayai operasi sehari-hari. Manajemen modal kerja mempunyai tujuan untuk mengelola aktiva lancar, mengelola hutang lancar dan menjamin tingkat likuiditas atau daya kekuatan perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perkembangan modal kerja pada PT Mayora Indah, Tbk. (2) Untuk mengetahui perkembangan profitabilitas pada PT Mayora Indah, Tbk. (3) Untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas pada PT Mayora Indah, Tbk secara parsial. (4) Untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas pada PT Mayora Indah, Tbk secara simultan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif statistik mengenai korelasi atau hubungan atau pengaruh antara variabel independen (X) dan dependen (Y) yang dalam penulisan ini yaitu apakah pengelolaan modal kerja yang terdiri dari cash turnover, receivable turnover dan inventory turnover memiliki hubungan atau berpengaruh terhadap profitabilitas (Gross Profit Margin)yang diteliti dengan menggunakan metode analisis statistika. Unit analisis yang diteliti adalah organization dengan jenis data kuantitatif yang bersumber dari data sekunder dengan menggunakan metode penarikan sampel berupa purposive sampling dengan pertimbangan deret waktu (time series) dan ketersediaan data selama periode penelitian. Sampel data yang digunakan berupa laporan keuangan PT Mayora Indah, Tbk Yang telah di audit untuk periode 2006 – 2015. Metode analisis data yang dilakukan berupa (1) Analisis regresi linier berganda. (2) Uji asumsi klasik. (3) Uji hipotesis. Menggunakan SPSS 21 for windows sebagai alat bantu untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas.
Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Perkembangan modal kerja PT Mayora Indah Tbk periode 2006-2015 mengalami kenaikan tetapi belum optimal. (2) Perkembangan profitabilitas PT Mayora Indah Tbk periode 2006-2015 GPM perusahaan terus meningkat tiap tahunnya dan telah optimal. (3) Cash turnover (CTO) dan Receivable turnover (RTO) secara parsial berpengaruh negatif terhadap gross profit margin (GPM), sedangkan inventory turnover (ITO) secara parsial tidak berpengaruh terhadap gross profit margin (GPM). (4) secara simultan atau bersama-sama variabel modal kerja (cash turnover, receivable turnover dan inventory turnover) berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas (gross profit margin). Serta Cash turnover (CTO),receivable turnover (RTO) dan invertory turnover (ITO) mampu menjelaskan sebesar 16,9% terhadap variabel dependen gross profit margin (GPM),Sedangkan sisanya 83.1% dijelaskan atau dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam model regresi.
Kata Kunci : Modal kerja, Profitabilitas, Cash turnover, Receivable turnover,dan Inventory turnover.


Full Text:

PDF

References


Aulia Rahma (2011), Analisis Pengaruh Manajemen Modal kerja terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan manufaktur PMA & PMDN yang terdaftar di BEI),Skripsi,Semarang,Universitas Diponegoro.

Bambang Riyanto (2011),Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4.BPFE,Yogyakarta.

D. Agus Harjito dan Martono (2013), Manajemen Keuangan, Edisi ke-2,Eknonisia, Yogyakarta.

Ni Wayan Yuliati ( 2013), Pengaruh Kebijakan Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Hotel & Restoran di BE,Tesis,Denpasar,Universitas Udayana.

Munawir (2014), Analisis Laporan Keuangan, Cetakan 17, Liberty,Yogyakarta.

Pramudita Rahajeng Anindya (2013),Pengaruh Pengelolaan Modal Kerja dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Perusahaan,Skripsi, Semarang, Universitas Diponegoro.

Ririn Setiorini (2009), Analisis Pengaruh Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur di BEI,Skripsi, Jakarta., Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Shinta Ayunany ( 2009),Pengaruh Pengelolaan Modal kerja Terhadap Tingkat likuiditas, Profitabilitas dan solvabilitas,Skripsi,Malang, Universitas Negeri Malang.

Siswandi (2013),Manajemen Keuangan,Lentera Ilmu cendekia,Jakarta.

Sutrisno (2013), Manajemen Keuangan ,Eknonisia, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.