PENGARUH PENERAPAN METODE JUST IN TIME TERHADAP EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PT. CITRA ABADI SEJATI” (Periode 2010-2013)

Nurhidayati, Arief Tri Hardiyanto, Ellyn Octavianty

Abstract


Nurhidayati.022112071. Pengaruh Penerapan Metode Just In Time Terhadap Efisiensi Biaya Produksi Pada PT. Citra Abadi Sejati Periode 2010-2013. Dibawah Bimbingan Arief Tri Hardiyanto dan Ellyn Octavianty. 2017.
Dalam perusahaan manufaktur, proses produksi merupakan kegiatan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan. Proses produksi yang efisien akan tercapai apabila dapat mengurangi atau mengeliminasi kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah(non value added activities)dan persediaan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam suatu proses produksi.Persediaan dalam penelitian ini difokuskan pada persediaan bahan baku produksi. Dengan adanya bahan baku yang sesuai dengan jumlah kebutuhan dan kualitas yang tinggiproses produksi dapat berjalan lancar. Salah satu cara yang terbaik bagi perusahaan agar dapat mengeliminasi non value added activities yaitu dengan menerapkan proses produksi dengan sistem penyimpanan bahan baku dengan menerapkan dan mengembangkan Metode Just In Time. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Just In Time pada PT. Citra Abadi Sejati periode 2010-2013, untuk mengetahui perhitungan biaya produksi pada PT. Citra Abadi Sejati periode 2010-2013, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Just In Time terhadap efisiensi Biaya Produksi pada PT. Citra Abadi Sejati periode 2010-2013.
Penelitian menggunakan data primer. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan Metode Just In Time. Metode pengolahan atau analisis data yang digunakan adalah menghitung efisiensi biaya produksi dengan cara penilaian efisiensi total.
Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa berdasarkan penerapan Metode Just In Time dari tahun 2010-2013 mengalami peningkatan yang cukup stabil dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi biaya produksi pada PT. Citra Abadi Sejati. Hal ini ditandai dengan pengurangan persediaan sampai pada tingkat yang paling rendah, dengan demikian Just In Time dapat memangkas biaya-biaya yang tidak memberikan nilai tambah pada produk.. Dengan demikian, perusahaan akan terhindar dari terjadinya pemborosan sehingga biaya produksi akan menjadi lebih rendah dan tingkat efisiensinya menjadi lebih tinggi.
Adapun saran yang berkaitan dengan penelitian ini, yaitu 1.) Bagi pihak perusahaan untuk mengembangkan penerapan metode Just In Time dalam kegiatan produksi perusahaan secara berkelanjutan. Karena dengan menerapkan metode Just In Time perusahaan dapat mencapai efisiensi biaya produksi yang lebih tinggi. 2.) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya mencoba dengan menggunakan metode yang lain seperti Material Requirement Planning dan melakukan Uji Hipotesis untuk mengetahui tingkat efisiensi biaya produksi pada suatu perusahaan untuk hasil yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Manajemen Investasi dan Portfolio. Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta

Armanto, Witjaksono. 2013. Akuntansi Biaya, Jakarta: Graha Ilmu.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bustami Bastian, Nurlela. 2013. Akuntansi Biaya. Edisi 4, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Deitianan, Tita. 2011. Manajemen Operasional Strategi dan Analisis. Edisi Asli. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hamming, M & Nurnajamuddin, M. 2012. Manajemen Produksi Modern (edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Hansen, Don R. Dan Maryanne M. Women. 2012. Akuntansi Manajerial. Edisi ke-8. Jakarta: Salemba Empat.

Krismiaji. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya, Edisi 5, Yogyakarta.

Mursyidi. 2010. Akuntansi Biaya, Bandung: Refika Aditama.

Novan Saputra, Studi Analisis: Implementasi Just In Time Terhadap Peningkatan Produktivitas Pada PT. Ras Jaya, Paper From Academia, Palembang, Universitas Sriwijaya, 6 November 2008.

Rahayu (2008), Pengaruh Aplikasi Just In Time Terhadap Efektifitas dan Efisiensi Biaya Produksi. Studi ( PT. Santosa Jaya Abadi), Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada.

Ristono, Agus. 2010. Manajemen Persediaan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setyo Esti Ningrum (2010), Analisis Implementasi Just In Time Terhadap Peningkatan Produktivitas. Studi (PT. Widya Utama), Jakarta, Universitas Indonesia.

Simamora, Henry. 2012. Akuntansi Manajemen, Riau: Star Gate Publisher.

Stephanie Tanuwijaya (2010), Peranan Sistem Just In Time Dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi. Studi (PT. Tipota Furnishing), Palembang, Universitas Sriwijaya.

Sugiyono, Bambang. Dkk. 2015. Manajemen Produksi. Malang: NN Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.