PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) RETURN ON EQUITY (ROE) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015

Ani Rahmawati, Budiman Slamet, Siti Maimunah

Abstract


ANI RAHMAWATI. 022113010. Pengaruh Earning Per Share (EPS) Return On Equity (ROE) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Dibawah bimbingan Budiman Slamet dan Siti Maimunah, 2017.
Seorang investor membeli saham saat ini dengan harapan memperoleh keuntungan dari kenaikan harga saham ataupun sejumlah dividen dimasa yang akan mendatang.Return merupakan salah satu faktor yang memotivasi investor berinteraksi dan juga merupakan imbalan atas keberanian investor dalam menanggung risiko atas investasi yang dilakukannya. Singkatnya return adalah keuntungan yang diperoleh investor dari dana yang ditanamkan pada suatu investasi.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis perkembangan EPS, ROE, DER dan Return saham terhadap perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia(2) untuk menganalisis pengaruh EPS, ROE dan DER terhadap Return saham perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara parsial(3) untuk menganalisis pengaruh EPS, ROE dan DER terhadap Return saham pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara simultan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data sekunder, adapun metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 3 perusahaan dari 14 perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu deskriptif statistik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan EPS, ROE dan DER pada perusahaan food and beverages mengalami kenaikan dan penurunan begitu pula perkembangan Return saham pada perusahaan food and beverages dari tahun 2011-2015 mengalami fluktuasi pada setiap tahunnya. Secara parsial EPS dan ROE tidak berpengaruh terhadap Return saham. Kemudian DER berpengaruh signifikan terhadap Return saham. Sedangkan EPS, ROE dan DER secara simultan tidak berpengaruh signifikan tehadap Return saham.
Simpulan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Return saham perusahaan food and beverages hanya dipengaruhi oleh DER. Saran bagi perusahaan, sebaiknya melakukan peningkatan kinerja keuangan khususnya kemampuan dalam menghasilkan laba, mengelola modal dan hutang. Sedangkan saran bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya periode dan sampel penelitian ditambah serta menggunakan indikator lain di luar penelitian ini serta bagi investor dan calon investor, sebaiknya mempertimbangkan kembali sebelum menentukan pilihan dimanakan berinvestasi dengan memperhatikan rasio keuangan yang mempengaruhi return (pengembalian) sebelum memutuskan untuk berinvestasi.
Kata Kunci: Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER) dan Return saham.


Full Text:

PDF

References


Abdul Halim. 2015. Manajemen Keuangan Bisnis Konsep Dan Aplikasinya. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Anggun Amelia Bahar Putri, R. Djoko Sampurno. 2012. Analisis Pengaruh ROA, EPS, NPM, DER dan PBV Terhadap Return Saham (Studi kasus pada industri Real Estate and Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2009)

Ayu Nurhayani Aisah, Kastawan Mandala. 2016. Pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Firm Size dan Operating Cash Flow Terhadap Return Saham Perusahaan yang Terdaftar di Perusahaan Indeks kompas 100 periode 2011-2015

Brigham dan Houston. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

D. Agus Harjito. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Ekonisia, Yogyakarta.

Danang Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung. PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Duwi Priyatno. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Edisi kesatu. Yogyakarta. Andi

Dyah Ayu Savitri. 2012. Analisis Pengaruh ROA, NPM, EPS dan PER Terhadap Return Saham (studi kasus pada Perusahaan manufaktur Sektor Food and Beverages periode 2007-2010)

Gibson, Charles H. 2008. Financial Reporting and Analysis : Using Financial Accounting Information, 11 Edition, South – Western College Publishing, United States of America.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS

I komang Arta Wibawa Pande, Luh Komang Sudjarni. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Perusahaan Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2011.

Irham Fahmi. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke 2. Bandung. Alfabeta

Irham Fahmi. 2014. Analisis Laporan keuangan. Bandung. Alfabeta

Jugianto Hartono. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Fundamental. Edisi ketujuh. Yogyakarta. BPFE

Jugianto Hartono. 2013. Teori Portofolio dan Analisis investasi. Edisi kedelapan. Yogyakarta. BPFE

Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Bumi Aksara

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. Rajawali Pers.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketujuh. Jakarta

Mangasa Simatupang. 2010. Pengetahuan Praktis Investasi Saham dan Dana Reksa. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Martalena dan Maya Malinda. 2011. Pengantar Pasar Modal. Edisi 1. Yogyakarta. Andi

Nova Yunita. 2013. Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008-2010.

PT Raja Grafindo Persada

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi pertama. Yogyakarta. Kanisius

Wira Desmond 2011. Analisis fundamental saham. Jakarta, Exceed.

Wira Desmond 2014. Analisis fundamental saham. Edisi kedua. Exceed. Jakarta

www.idx.co.id

www.sahamok.com

Yeye susilowati, Tri Turyanto. 2011. Reaksi Signal Rasio Provitabilitas dan Rasio Solvabilitas Terhadap Return Saham Perusahaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.