PERAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PT DASAR RUKUN PERIODE 2014-2015

Rina Safira, Akhsanul Haq, Retno Martanti Endah

Abstract


Rina Safira. 022113030. Peran Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi Pada PT Dasar Rukun.
Dibawah
bimbingan H. Akhsanul Haq dan Retno Martanti Endah.2017.
Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan informasi yang sangat penting dalam proses perencanaan dan pengendalian aktivitas organisasi. Karena informasi ini menekankan hubungan antara informasi dengan manajer yang bertanggungjawab terhdap anggaran dan realisasi. Oleh karena itu biaya harus dikendalikan pengeluaranya.PT Dasar Rukun mengalami selisih merugikan pada Biaya Bahan Baku pada tahun 2014 dan 2015 karena kurang adanya pengendalian dan pengawasan pada biaya, Untuk mengetahui peran akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengendalian biaya produksi pada PT Dasar Rukun. perusahaan memerlukan sistem akuntansi pertanggungjawaban guna meningkatkan pengendalian dan pengawasan biaya, selain itu akuntansi pertanggungjawaban juga dapat dipakai sebagai alat pengendalian biaya khususnya analisis varians.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif (Eksploratif), unit analisis yang penulis gunakan dalam penelitian yaitu organization, Jenis data penelitian ini adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif. sumber data penelitian adalah data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa laporan biaya produksi PT Dasar Rukun dan data primer yang diolah melalui wawancara, serta observasi langsung pada PT Dasar Rukun.
Berdasarkan hasil penelitian PT Dasar Rukun memenuhi syarat akuntansi pertanggungjawaban seperti : memiliki struktur organisasi yang jelas dalam menetapkan wewenang dan tanggungjawab sehingga dapat diketahui tugas dan tanggungjawab dari setiap bagian, penyusunan anggaran telah disusun oleh tiap bagian dan dilakukan dengan pendekatan top down dan bottom top pimpinan perusahaan terlebih dahulu menetapkan kebijakan yang memuat target operasional perusahaan periode yang akan datang sebagai dasar manajer untuk menyusun anggaran, adanya pemisahan biaya terkendali dan biaya tak terkendali pada PT Dasar Rukun, adanya laporan akuntansi pertanggungjawaban yang dibuat untuk melakukan pengendalian biaya.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah akuntansi pertanggungjawaban pada perusahaan ini sudah cukup baik, karena perusahaan telah memenuhi syarat akuntansi pertanggungjawaban, akan tetapi antara standar dengan aktual biaya produksi pada tahun 2014-2015 terdapat penyimpangan selisih yang tidak menguntungkan karena adanya selisih efisiensi yang tidak menguntungkan bagi perusahaan. Saran dalama penelitian ini adalah Perusahaan sebaiknya mengkaji terhadap selisih tidak menguntungkan, terutama atas biaya bahan baku. selanjutnya, menindak lanjuti kelemahan-kelemahan tersebut dalam rangka peningkatkan efisiensi produksi.
Kata Kunci : Akuntansi Pertanggungjawaban, Pengendalian Biaya Produksi


Full Text:

PDF

References


Aprilia Rahma Wijayanti . 2014. pengaruh Akuntansi Pertanggung Jawaban Terhadap Pengendalian Biaya Standar PT Pusri.

Armila Krisna Warindrani. 2006. Akuntansi Manajemen. Graha Ilmu. Yogyakarta Athena Adharawati. 2010. Peranan Akuntansi Pertanggung Jawaban Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi Pada PT. PELNI kantor cabang.

Bastian Bustami. Nurlela. 2009. Akuntansi Biaya. Melalui Pendekatan Manajerial Jakarta: Mitra Wacana Media.

. Nurlela. 2013. Akuntansi Biaya Edisi Keempat.Jakarta: Mitra Wacana Media.

Darsono Prawironegoro, Ari Purwati 2008. Akuntansi Manajemen. Edisi ketiga, Mitra Wacana Media.

Daljono, 2011, Akutansi Biaya, Penentuan Harga Pokok Dan Pengendalian. Semarang: BP. UNDIP.

Dewi Hanggraini. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia KDT

Hansen, Don R. Mowen, Maryanne M. 2006. Akuntansi Manajemen Edisi ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Hurriyah Badriyah. 2015. Buku pintar akuntansi biaya untuk orang awam. Penerbit HB.

Husaini Usman. 2012. Manajemen Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan Edisi Keempat.Yogyakarta: Bumi Aksara. KDT

Hongren, Charles T, Srikat M Datar , dan George Foster. 2008. Akuntansi Biaya dengan penekanan manajerial Edisi Kesebelas Jilid Kesatu Jakarta:

(Diterjemahkan oleh : Desi Adhariani). Indeks. Jakarta.

Nur Indriantoro, dan Bambang Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: Bpfe.

Mulyadi, 2012, Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Universitas Gadjah Mada

Riza Salman kautsar, Mochammad Farid, April 2016, Akuntansi Manajemen, Alat Pengukuran Dan Pengambilan Keputusan Manajerial,Jakarta: Gramedia.

Rudianto, 2013. Akuntansi Manajemen, Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Silalhi Fernando.2008. Fungsi Akuntansi Pertanggung Jawaban Sebagai Alat Penilaian Kinerja Pusat Biaya Pada PT. Bumi Sari Prima. Sugiyono, Mei 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Cetakan XIII, Alfabeta, Cv Bandung

Taufan Athar. 2010. Peranan Akuntansi PertanggungJawaban Sebagai Alat Pengendalian biaya produksi PT Garuda Indonesia

Wiratna Sujarweni. 2015. Akuntansi manajemen, Teori Dan Aplikasi. pustaka Baru Press, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.