PENGARUH STRUKTUR MODAL, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF,LIKUIDITAS DAN GROSS DOMESTIC PRODUCTTERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008-2013)

Nurfitriyana Ratna Ningsih, Arief Tri Hardiyanto, Asep Alipudin

Abstract


NURFITRIYANA RATNA NINGSIH 022113246. Pengaruh Struktur Modal, Kualitas Aktiva Produktif (KAP),  Likuiditas dan Gross Domestic Product Terhadap Profitabilitas Perbankan ( Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang terdafar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008-2013 ). Dibawah Bimbingan ARIEF TRI HARDIYANTO dan ASEP ALIPUDIN 2017.

Persaingan bisnis menuntut bank untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat menarik investor. Investor memerlukan informasi mengenai kinerja perusahaan dalam menginvestasikan dananya. Laba yang besar tidak menjadi ukuran bahwa perusahaan dapat bekerja efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Stuktur Modal, Kualitas Aktiva Produktif, Likuiditas dan Gross Domestic Product terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2013 baik itu secara parsial maupun simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum yang terdaftar di BEI periode tahun 2008-2013. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan cara purposive sampling sebanyak 20 bank. Dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif dan  bersunber data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Sebelum menggunakan analisis regresi berganda, dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu.

Hasil analisis data secara simultan menunjukan bahwa struktur modal (CAR), kualitas aktiva produktif  (NPL), likuiditas (LDR) dan gross domestic product (GDP) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perbankan. Hasil analisis data secara parsial menunjukan struktur modal tidak berpengaruh positif terhadap profitabilitas, kualitas aktiva produktif berpengaruh signifikan negative terhadap profitabilitas perbankan, likuiditas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perbankan dan gross domestic product tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perbankan.

Pada bank umum go public agar dapat meningkatkan ROA dengan menambah modal dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit sehingga akan menghasilkan laba bagi perusahaan dan akan meningkatkan profitabilitas. Selain itu, bank umum go public perlu meningkatkan nilai LDR dari tahun ketahun agar sesuai standart Bank Indonesia, tetapi perlu menggunakan prinsip kehati-hatian agar NPL tidak meningkat.

 

Kata Kunci :Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Gross Domestic Product danReturn On asset.


Full Text:

PDF

References


Abida Muttaqiena. (2013). Pengaruh Analisis PDB, Inflasi, Tingkat Bunga dan Nilai Tukar Terhadap dana Pihak ketiga Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2008-2012. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Anatia Yulita. (2014), Analisis Pengaruh Faktor Makro Ekonomi Terhadap Tingkat kredit Bermasalah Pada Bank Umum di Indonesia. Skripsi, Universitas Diponogoro, Semarang.

Arief Sugiono & Edi. 2008. Panduan Praktis Dasar Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Grasindo.

Dewi Sartika. (2012), Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kecukupan Modal, Kualitas Aktiva produktif, dan Likuiditas Terhadap Return On Asset

(ROA) (Studi Kasus Pada Bank UmumSyariah di Indonesia Periode 2006-2010). Skripsi, Universitas Diponogoro, Semarang.

Hanani. (2015). Pengaruh Curent Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), dan Return On Asset (ROA) Serta Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham (Pada Perusahan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013). Skripsi, Universitas Pakuan, Bogor.

Idochi Anwar.2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabet.

Iqbal Hasan.2012. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismayunatisasi Megarahayu. (2012). Analisis pengaruh CAR, LDR, dan NPM terhadap Expected Return Pada Perusahaan Perbankan yang Tercatat di Buesa Efek Indonesia. Skripsi, Universitas Pancasila, Jakarta.

Irham Fahmi.2013. Analisis Laporan Keuangan.Bandung: Alfabeta.

Jan Horas, V Purba. 2015. Metodologi Penlitian. Universitas Pakuan, Bogor (Diktat Kuliah).

Mawardi, Wisnu. 2005. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia”. Jurnal Bisnis Strategi, Vol 14, No 1, Juli 2005.

Munawir. 2010. Analisis Laporan Keuangan Yogyakarta. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Muntoha Ihsan. (2011). Pengaruh Gross Domestic Product, Inflasi, dan Kebijakan Jenis Pembiayaan Terhadap Rasio Non Performing Financing Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2005-2010. Skripsi, Universitas Diponogoro, Semarang.

Prasnanugraha, Ponttie. 2007. Analisis Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Bank Umum Di Indonesia. Tesis Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (Dipublikasikan)

Rini Wigiyawati. (2011). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas dan Non Performing Loan Terhadap Perusahaan Pebankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Riski Faedatun. (2012). Analisis pengaruh Struktur Modal, Kualitas Aktiva Produktif dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perbankan (Studi kasus pada Bank Umum yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2007-2010). Skripsi, Universitas sebelas Maret, Surakarta.

Siagian, Febriyanti Dimaelita dan Wahidin Yasin. 2009. ”Pengaruh Non Performing Loan (NPL), Tingkat Kecukupan Modal, Tingkat Likuiditas, Dan Kualitas Aktiva Produktif (KAP) Terhadap Tingkat Profitabilitas Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 – 2008”. Jurnal Akuntansi 49.Universitas Sumatera Utara.

Sudarini, Sinta. 2005. “Penggunaan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Laba Pada Masa Yang Akan Datang (Studi Kasus Di Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta”. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol. 16, No. 3, Hal: 195-207, Desember 2005

Susilo, Sri. Y, dkk. 2000. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat

Tanty Yuliana. (2013). Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga Kredit dan Tingkat Perputaran Aset Terhadap Profitabilitas Perbankan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Universitas Pancasila, Jakarta.

Wulan Wijaya. (2013). Analisis Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Kinerja Perbankan (Pada bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011). Skripsi, Universitas Pancasila, Jakarta.

Yoga Dwidinga. (2015), Analisis iflasi, Gross Domestic Product, Net Performing Financing, Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional, Net Margin Terhadap Return On Asset Perbankan Syariah di ndonesia Periode (2010-2013). Skripsi, Universital Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Yuati Agistara. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan Go Publik (Studi Kasus Bank Go Publik Periode 2005-2009). Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.