PENGARUH PERPUTARAN KAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2015

Reny Febriani, Ketut Sunarta, Dessy Herlisnawati

Abstract


Reny Febriani. 022113290. Pengaruh Perputaran Kas Tehadap Profitabilitas pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Dibawah bimbingan Ketut Sunarta dan Dessy Herlisnawati. 2017.
Profitabilitas merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan karena merupakan tujuan utama perusahaan. Besar kecilnya profitabilitas dapat mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut perusahaan harus dapat mengelola kasnya dengan baik. Manajemen perusahaan dituntut untuk dapat memenejemen keuangan perusahaan dengan baik. Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara perputaran kas terhadap profitabilitas pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Penelitian mengenai pengaruh perputaran kas terhadap profitabilitas ini menggunakan data kuantitatif yang berupa laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2011-2015. Dengan menggunakan purposive sampling, ada 3 perusahaan yang terpilih sebagai sampel penelitian. Metode penelitian kuantitatif statistik, analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 21. Variabel independen adalah perputaran kas, sedangkan variabel dependen adalah profitabilitas yang diukur dengan return on assets dan net profit margin. Data yang dikumpulkan dievaluasi menggunakan uji asumsi klasik sebelum hipotesis dinilai dengan regresi linier sederhana, dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran kas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas. Berdasarkan hasil uji determinasi koefesien R2 menunjukkan pengaruh perputaran kas tehadap ROA sebesar 2,1%, sedangkan pengaruh perputaran kas terhadap NPM sebesar 9,7% sisanya dipengaruhi oleh vaiabel lain yang tidak diteliti.
Saran yang penulis ingin sampaikan bagi perusahaan yaitu untuk meningkatkan nilai profitabilitasnya, karena profitabilitas merupakan hal yang dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya. Bagi investor sebaiknya menganalisis rasio keuangan yang berhubungan dengan profitabilitas. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah objek penelitian dengan memperpanjang periode penelitian dan menambah perusahaan dari sektor industri yang berbeda agar sampel yang diperoleh lebih akurat.
Kata Kunci : Perputaran Kas, Return On Assets, Net Profit Margin.


Full Text:

PDF

References


Bambang Riyanto (2011). Dasar-DasarPembelajaran Perusahaan, EdisiKeempat, Yogyakarta, Penerbit BPFE.

D. Agus Harjito dan Martono (2010). Manajemen keuangan, Edisi Pertama,Cetakan Kedelapan,Yogyakarta:Ekonisia.

D. Agus Harjito dan Martono (2012). Manajemen keuangan, EdisiKedua, Yogyakarta: Ekonisia.

Dwi Prastowo D. (2014). Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi, Edisi Ketiga, Cetakan Kedua, Yogyakarta, Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Erlinadan Sri Mulyani (2007). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, EdisiPertama, Medan: USU Press.

Firdaus A. Dunia (2013). Pengantar Akuntansi, Edisi Keempat, Jakarta, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Harahap Sofyan S. (2007). Analisis Kritik Atas Laporan Keuangan, Edisi Keenam, Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Harahap Sofyan S. (2010). Akuntansi Aktiva Tetap, Jakarta, Penerbit PT. Raja Grafindo.

Harahap Sofyan S. (2010). Analisis Kritik Atas Laporan Keuangan, Jakarta: Bumi Aksara.

Hendro (2015). Pengaruh Antara Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas, Skripsi, Medan, Universitas Sumatra Utara.

Hery (2013). Akuntansi Keuangan Menengah, Cetakan Pertama,Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Hery (2014). Akuntansi, Aset, Lialibilitas, Dan Ekuitas, Jakarta: Grasindo.

Hery (2015). Akuntansi Keuangan Menengah, Cetakan Pertama, Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

I Made Sudana (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Ikatan Akuntan Indonesia (2007). Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Irham Fahmi (2011). Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Pertama, Bandung: CV. Alfabeta.

Imam Ghozali (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kamaludin (2012). Manajemen Keuangan: Konsep Dasar dan Penerapannya, Cetakan Kedua, Bandung: Mandar Maju.

Kasmir (2008). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Revisi, Jakarta, Penerbit Rajawali Pers.

Kasmir (2016). Analisis Lapora Keuangan, Cetakan Kesembilan, Jakarta, Penerbit Raja Grafindo Persada.

Kieso Donald E, Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield (2008). Akuntansi Intermediate, Jilid 1, Edisi Keduabelas, Jakarta, PenerbitErlangga.

L.M Samryn (2015). Pengantar Akuntansi: Buku 2 Metode Akuntansi Untuk Elemen Laporan Keuangan, CetakanPertama, Jakarta: Rajawali Pers.

Lukman Setia Atmaja (2008). Teori & Praktik Manajemen Keuangan, Yogyakarta, Penerbit CV Andi Offset.

Mamduh, M. Hanafi dan Abdul Halim (2014). Analisis Laporan Keuangan, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Munawir S. (2010). AnalisisLaporan Keuangan, Cetakan Kelimabelas, Yogyakarta: Liberty.

R. Agus Sartono(2010). Manajemen Keuangan Teori & Aplikasi, Yogyakarta:BPFE.

Rudianto(2009). Pengantar Akuntasi, Penerbit: Erlangga.

Sawir Agnes (2009). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Kinerja Perusahaan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

V. WiratnaSujarweni (2008). Metodologi Penelitian, Yogyakarta, PUSTAKABARPRESS.

Wild, John J., K.R. Subramanyam, dan Robert E. Haley, AlihBahasa: Yanivi S. Bachtiar, SE, Ak., S.NurwahyuHarahap, SE, Ak. MBA. (2010). Financial Statement Analysis (Analisis Laporan Keuangan), Edisi Kesepuluh, Buku Kedua, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.