PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP RENTABILITAS EKONOMIS PADA PERUSAHAAN DAGANG YANG TERDAFTAR DI BEI

Meldarianisa, Arief Tri Hardiyanto, Tiara Timuriana

Abstract


Meldarianisa. 022113312. Pengaruh Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomis pada Perusahaan Dagang yang terdaftar di BEI tahun 2014-2015. Dibawah bimbingan Arief Trihardiyanto dan Tiara Timuriana. 2017.
Tujuan perusahaan pada umumnya adalah untuk memperoleh laba, tetapi laba yang besar belum merupakan suatu ukuran bahwa perusahaan itu telah bekerja secara efisien. Efisiensi suatu perusahaan baru dapat diketahui dengan membandingan laba yang diperoleh, dengan kekayaan atau modal yang menghasilkan laba tersebut, dengan kata lain adalah dengan menghitung rentabilitasnya. Dengan demikian yang harus diperhatikan oleh perusahaan tidak hanya usaha untuk memperbesar laba, tapi yang lebih penting adalah usaha untuk mempertinggi rentabilitasnya. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan neraca dan laporan laba rugi perusahaan dagang yang terdaftar di BEI pada tahun 2014-2015. Dengan menggunakan purposive sampling didapatkan 4 perusahaan sebagai sampel penelitian. Variabel independen pada penelitian ini adalah perputaran persediaan sedangkan variabel dependennya adalah rentabilitas ekonomis. Data yang dikumpulkan di uji menggunakan uji asumsi klasik sebelum hipotesisnya ditentukan dengan menggunakan regresi linear sederhana dan uji t. hasil dari uji t menyatakan bahwa perputaran persediaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rentabilitas ekonomis.
Kata kunci: Perputaran Persediaan dan Rentabilitas Ekonomis.


Full Text:

PDF

References


Agus Ristono. 2009. Manajemen Persediaan. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bambang Riyanto. 2011. Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Budi Rahardjo. 2005. Laporan Keuangan Perusahaan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gajah Mada.

D. Agus Harjito dan Martono. 2013. Manajemen keuangan. Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonisia.

Dermawan Sjahrial. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Dian Hesti Pratiwi. 2007. Pengaruh Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomis pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia . Skripsi S1. Jakarta: Universitas Persada Indonesia.

Dwi Martanti, Sylvia Veronica NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, dan Edward Tanujaya. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Esther Theresia o.s. 2009. Pengaruh Perputaran Piutang Usaha dan Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas Perusahaan Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Firdaus A. Dunia. 2013. Pengantar Akuntansi. Edisi Keempat. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Heppy Shita Larasati . 2012. Aplikasi Pengaruh Modal Kerja, Perputaran dan Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomi pada Perusahaan Automotive yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi S1. Jawa Timur: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Hery. 2011. Akuntansi: Aktiva, Utang dan Modal. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gava Media.

Hery. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2015. Jakarta: Salemba Empat.

Imam Ghozali. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Irham Fahmi. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Bandung: CV. Alfabeta.

Kieso Donald E. , Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2002. Akuntansi Intermediate. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lam Nelson dan Peter Lau. 2014. Akuntansi Keuangan Intermediate FinancialReporting. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba 4

Libby Robert, Patricia A. Libby, dan Daniel G. Short. 2008. Akuntansi Keuangan. Edisi Kelima. Alih Bahasa: J. Agung Seputro. Yogyakarta: ANDI.

L.M Samryn. 2015. Pengantar Akuntansi: Buku 2 Metode Akuntansi Untuk Elemen Laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Jakarta: Rajawali Pers.

Munawir. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Liberty.

Ridha Hutami. 2007. Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomis pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntasi, konsep dan teknik penyusunan laporan keuangan. Penerbit: Erlangga.

Stice James D. , Earl K. Stice, dan K. Fred Skousen. 2009. Akuntansi Keuangan Intermediate Accounting. Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba 4.

Sugiyarso G dan Winarni F. 2006. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Media Presindo.

V. Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitiaan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Zulfa Muhda. 2009. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Piutang dan Persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomi pada KPRI di Karisidenan Pekalongan. Skripsi S1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.