ANALISIS PENGARUH LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Mella Nur Shintya, Monang Situmorang, Lia Dahlia Iryani

Abstract


Disusun oleh MELLA NUR SHINTYA, 022113329. Analisis Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibawah bimbingan MONANG SITUMORANG sebagai Ketua Komisi Pembimbing dan LIA DAHLIA IRYANI sebagai Anggota Komisi Pembimbing Tahun 2017.
Berdasarkan latar belakang penelitian ini, Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan. Dengan demikian setiap perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan profitabilitasnya, karena semakin tinggi tingkat profitabilitas suatu perusahaan maka kelangsungan hidup perusahaan tersebut akan lebih terjamin. Leverage dan Penjualan merupakan kriteria penting untuk menilai profitabilitas perusahaan dan merupakan indikator utama atas aktivitas perusahaan.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis pengaruh Leverage (DAR) terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI, (2) Untuk menganalisis pengaruh petumbuhan penjualan terhadap rofitabilitas (DAR) pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI, (3) Untuk menganalisis pengaruh Leverage (DAR) dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI.
Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, dan juga menggunakan Uji hipotesis seperti uji t, uji F dan R2 dengan menggunakan SPSS versi 21. Sampel penelitian yang digunakan adalah tiga perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI selama tahun 2010-2013.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertumbuhan Penjualan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas, sedangkan leverage secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan leverage dan Pertumbuhan Penjualan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Nilai R Square adalah 46,6% yang berarti Profitabilitas dapat dijelaskan oleh variabel independen (leverage dan pertumbuhan penjualan). Sedangkan sisanya 53,4% dijelaskan oleh variabel lain.
Kata Kunci: Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas


Full Text:

PDF

References


A.A. Wela Yulia Putra dan Ida Bagus Badjra. 2015. Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. E-Journal Manajemen Unud. Vol. 4. No. 7. 2015. 2052-2067.

Agus Harjito dan Martono. 2010. Manajemen Keuangan. Edisi kedua. Yogyakarta. Ekonisia.

Brigham, Eugene F dan Joel F Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Ke-10. Jakarta. Salemba Empat.

Cintya Dewi Farhana, Gede Putu Agus Jana Susila, I Wayan Suwendra. 2016. Pengaruh Perputaran Persediaan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Pada PT Ambara Madya Sejati Di Singaraja Tahun 2012-2014. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. Tahun 2016.

Duwi Priyatno. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 21. Yogyakarta. Andi.

Elfianto Nugroho. 2011. Analisis Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Pada BEI Pada Tahun 2005-2009. Semarang. Universitas Diponegoro.

Gladys Suryaputra dan Yulius Jogi Christiawan. 2016. Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2014. Business Accounting Review. Vol. 4. No. 1. Januari 2016. 493-504.

Harbani Pasolong. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung. Alfabeta.

Irham Fahmi. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Kamaludin dan Rini Indriani. 2012. Manajemen Keuangan, Konsep Dasar dan Penerapannya. Edisi Revisi. Bandung. Penerbit CV. Mandar Maju.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Munawir. 2012. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta. Liberty.

R. Agus Sartono. 2010. Manajemen Keuangan. Teori dan Aplikasi. Edisi keempat. Yogyakarta. Penerbit BPFE.

Serly Vidi Junawati. 2015. Pengaruh Modal Kerja dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Tekstil dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Bogor. Universitas Pakuan.

Tenie Yulianti Putri. 2015. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Bandung. Universitas Pasundan.

www.idx.co.id

www.sahamok.com

www.mustika-ratu.co.id

www.martinaberto.co.id

www.mandom.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.