ANALISIS PENGARUH AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP KINERJA PT DAEHAN GLOBAL

Tiara Gustriana, Arief Tri Hardiyanto, Salmah Hadi Azzubaidi

Abstract


Tiara Gustriana. 022113036. Analisis Pengaruh Akuntansi  Pertanggungjawaban Terhadap Kinerja PT. Daehan Global. Di bawah bimbingan : Arif Tri Hardiyanto dan Salmah. 2017.

Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem akuntansi yang digunakan untuk mengukur kinerja setiap pusat pertanggungjawaban sesuai dengan informasi yang dibutuhkan manajer untuk mengoperasikan pusat pertanggungjawaban mereka sebagai bagian dari sistem pengendalian manajemen. Sistem ini diciptakan untuk memberikan keleluasaan kepada manajer untuk mengelola bagian organisasi yang dipimpin secara optimal sebagai salah satu model desentralisasi. Kinerja merupakan hasil pekerjaan yang mempunyai hubungan kuat dengan tujuan strategis organisasi, kepuasan konsumen, dan memberikan kontribusi pada ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT Daehan Global. (2) Untuk mengetahui kinerja pada PT Daehan Global. (3) Untuk mengetahui pengaruh akuntansi pertanggungjawaban terhadap kinerja PT Daehan Global.

Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode survey. Objek penelitin dalam penelitian ini adalah pengaruh akuntansi pertanggungjawaban dalam menilai kinerja. Untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan maka penulis melakukan penelitian atas variabel tersebut pada PT Daehan Global. Unit analisis dalam penelitian ini berupa organisasi, yaitu PT Daehan Global.

Dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan, menunjukan bahwa penerapan akuntansi pertanggungjawaban berpengaruh terhadap kinerja. Dengan adanya penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam perusahaan, tanggung jawab penuh yang diberikan kepada karyawan dapat menjadi dorongan bagi para karyawan untuk mengarahkan bakat dan kemampuan mereka sehingga kinerja yang dihasilkan akan meningkat.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa akuntansi pertanggungjawaban berpengaruh signifikan terhadap kinerja.

Kata Kunci : Akuntansi  Pertanggungjawaban, Kinerja.


Full Text:

PDF

References


Charles T. Horngren, Gary L. Sundem, David Burgstahler, Jeff Schatzberg(2016), AkuntansiManajemen, EdisiKeenambelas, PenerbitErlangga, Jakarta.

DewiHanggraeni(2012), ManajemenSumberDayaManusia, LembagaPenerbitFakultasEkonomiUniversitas Indonesia, Jakarta.

DewiUtari, Ari PurwantidanDarsonoPrawironegoro(2016), AkuntansiManajemen, Edisi 4, MitraWacana Media, Jakarta.

Dian Sari (2013), PengaruhPartisiasiAnggaran Dan AkuntansiPertanggungjawabanTerhadapKinerjaManajerial PT Pos Indonesia, Jakarta, e-jurnal Binar AkuntansiVol.2 No. 1, April 2013.

Don R. Hansen, Maryanne M. Mowen(2009), AkuntansiManajerial, Buku 1 Edisi 8, SalembaEmpat, Jakarta.

FadilHanafiah, LubisLeny Suzan (2015), PengaruhPenerapanAkuntansiPertanggungjawabanTerhadapKinerjaManajerial PT. Perkebunan Sumatera Utara, Medan, Universitas Telkom.

HadriKusuma, ZulkiflidanSulastiningsih(2013), AkuntansiManajemen, Ekonisia, Yogyakarta.

Hambrata (2007), Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Penelitian Kinerja Pusat Pendapatan Pada PT. Rajawali Nusindo Cabang Medan, Medan, Universitas Sumatera Utara.

Iyang Sri Anandari Anwar (2013), Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Prestasi Kerja Pada PT. Telkom Witel Jawa Timur (Jember), Jember, Universitas Jember.

Kamaruddin Ahmad (2007), AkuntansiManajemen: Dasar-dasarKonsepBiaya,EdisiRevisi, PT RajaGrafindoPersada, Jakarta.

L.M Samryn, S.E., Ak., M.M (2012), AkuntansiManajemen: InformasiBiayauntukMengendalikanAktivitasOperasidanInvestasi, EdisiPertama, Kencana, Prenada Media Group, Jakarta.

Maulina (2007), PenerapanSistemAkuntansiPertanggungjawabanDalamPengaruhKinerjaPusatBiayaPada PT. WidaUtama Medan, Medan, Universitas Sumatera Utara.

Prof. Dr. Wibowo(2016), AkuntansiManajemen, EdisiKelima, PT RajaGrafindoPersada, Jakarta.

V. WiratnaSujarweni(2014),MetodologiPenelitian, PustakaBaru Press, Yogyakarta.

GerhanaSuciSiskawati (2012), AkuntansiPertanggungjawaban, (diakses 07 Juni 2017, Pukul 23:25) http://gerhanasuci.wordpress.com/ .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.