METODE PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN PADA PT.INTINUSA SELAREKSA Tbk

Galuh Sasikarani, Hendro Sasongko, Amelia Rahmi

Abstract


Galuh Sasikarani. NPM: 022015002. Metode Harga Pokok Penjualan pada PT.Intinusa Selareksa Tbk,. Di bawah bimbingan: Hendro Sasongko dan Amelia Rahmi.

PT.Intiusa Selareksa Tbk, sebagai satu diantara banyak perusahaan yag bergerak dibidang perjual belian marmer, granit dan batu alam. Dari sekian banyak pesaing yang ada perusahaan dituntut untuk memaksimalkan perhitungan harga jual yang ditetapkan guna mengantisipasi banyak nya persaingan di pasaran. Tujuan penetapan harga jual tersebut adalah untuk mengetahui laba dan rugi dari perusahaan, apabila penetapan harga jual terlalu rendah dikhawatirkan perusahaan akan terus memiliki laba  yang minim atau bisa jadi terus menerus mengalami kerugian. Apabila harga jual di tetapkan terlalu tinggi juga akan berdampak pada sepi nya minta pembeli yang akan datang sehigga dikhawatirkan pula perusahaan tidak dapat mencapai target laba yang ditargetkan. Di akuntansi perhitungan harga jual ini biasa termasuk output harga pokok penjualan

 Metode pengumpulan data dalam penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian lapangan yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi dengan mengamati kegiatan yang ada pada kantor PT. Intinusa Selareksa Tbk, dan metode studi kepustakaan yaitu mempelajari materi-materi yang di peroleh dari berbagai macam buku yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.

Dalam menghitung harga pokok penjualannya PT. Intinusa Selareksa Tbk, menggunakan sistem pencatatan perpetual dengan menggunakan metode FIFO (first in first out).  PT. Intinusa Selareksa Tbk, diuntungkan dari segi menyusun laba rugi dengan sistem pencatatan perpetual ini, karena sistem perpetual adalah sistem pencatatan yang mencatat setiap mutasi yang terjadi pada persediaan barangnya, jadi daftar hitung persediaan akan selalu menunjukkan nilai persediaan setiap saat.

Dalam menjalankan perusahaannya, PT. Intinusa Selareksa Tbk, sudah menjalankannya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.Namun, masih adanya hambatan pada beberapa divisi dalam menjalankan tugas nya masing masing dikarenakan pihak perusahaan enggan menerima banyak karyawan.Perawatan produk marmer pun tidak terlalu di perhatikan sehingga banyak marmer lama yang sebenarnya bagus menjadi sepi pembeli.

Simpulan yang dapat diambil adalah PT. Intinusa Selareksa Tbk, yang menjadikan marmer, granit dan batu alam sebagai produk jual nya untuk seluruh Indonesia terlebih di daerah Citeureup, Sentul, dan Bogor adalah perusahaan sudah benar dalam mengawasi keabsahan data, dan menyimpannya dengan hati hati sehingga tingkat kebocoran data bisa di minimalisir.Lokasi perusahaan pun menempati sebidang taah yang cukup luas untuk menampung dan menyimpan banyak slab slab besar marmer dan granit tersebut. Untuk saran diantaranya perlu dilakukan perawatan secara rutin pada produk jual diantaranya slab slab besar marmer dan granite itu sendiri, yang akan menggugah lagi minat para pembeli.


References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

A.Dunia, Firdaus dan Wasilah Abdullah. 2009. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Amin Widjaya Tunggal 2009. Akuntansi Manajemen. Harvarindo, Jakarta

Carl S. Warren, J. M. 2008. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Bustami, Bastian dan Nurlela. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Efraim Ferdinan Giri. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah 1 Perspektif IFRS. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Harahap Syafri Sofyan. 2012. Teori Akuntansi . PT. Rajagrafindo Persada. Kota Depok.

Http://iaiglobal.or.id

Herry. 2017. Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. Jakarta : Grasindo.

Keiso. E. Donald, Weygandt J. Jerry, Warfield D. Terry. 2013. Akuntansi Intermediate Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia.2009.Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Jalan Sindanglaya No.1 Menteng, Jakarta 10310.

Ishak, Sugiono, Arif . 2015. Akuntansi Informasi Dalam Pengambilan Keputusan. Grasindo, Jakarta

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi ke-5. Cetakan Kesebelas. Yogyakarta: STIM YKPN.

Revve, J. M., Warren, C. S dan Duchac, J. E. 2010. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.