Sistem Informasi Akuntansi Pengadaan Aset Tetap Pada Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Cabang Pasar Baru Bogor

Sigap Arif Pranata, Siti Maimunah, Tiara Timuriana

Abstract


Pengertian aset tetap menurut Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Cabang Pasar Baru Bogor adalah aset yang berwujud yang dimiliki Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya, memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun, digunakan untuk kelangsungan operasional perusahaan, dan tidak dimaksudkan untuk dijual. Perolehan aset tetap di Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Cabang Pasar Baru Bogor disebut dengan pengadaan aset tetap. Pengadaan aset tetap merupakan kegiatan untuk memiliki aset tetap yang dibiayai dari Kantor Pusat untuk kebutuhan perusahaan itu sendiri dan bukan untuk diperdagangkan. Namun dalam pelaksanaannya, masih terdapat kekurangan pada penenerapannya yang diakibatkan oleh belum adanya Flowchart mengenai Sistem Pengadaan Aset Tetap dan masih menggunakan Kartu Disposisi sebagai dokumen instruksi.

Metode pengumpulan data dalam penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode studi lapangan yaitu melakukan survey dengan teknik wawancara dan observasi dengan mengamati kegiatan  yang ada  pada Perusahaan Daerah Pakuan Jaya Kota Bogor Cabang Pasar Baru Bogor dan metode studi kepustakaan yaitu mempelajari materi-materi yang diperoleh dari berbagai macam buku dan media elektronik yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.

 

Pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi Pengadaan Aset Tetap Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Cabang Pasar Baru Bogor sudah dilaksanakan dengan baik. Dikarenakan terdapat pemisahan fungsi yang jelas, sehingga masing-masing bagian mempunyai tanggung jawab yang jelas dalam melaksanakan sistem informasi akuntansi pengadaan aset tetap.


References


Peraturan Daerah Kota Bogor No. 4 Seri D dan Peraturan Walikota Bogor No. 27 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor.

Ardana dan Hendro Lukman. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hery. 2016. Akuntansi: Aktiva, Utang, dan Modal. Edisi Kedua. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2018. Standar Akuntansi Keuangan Efektif per 1 Januari 2018. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Kieso, Weygandt dan Warfield.2017. Akuntansi Keuangan Menengah Intermediate Accounting. Volume 1. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Salemba Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi ke-3. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Kusumadewi. 2012. Evaluasi Sistem Pengadaan Aktiva Tetap Berwujud Pada PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta. Tugas Akhir Universitas Sebelas Maret.

Madcoms. 2018. Aplikasi Akuntansi Dengan Microsoft Excel VBA Macro. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Romney, Marshall B dan Paul John Steinbart. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi ke-13. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Salemba Empat. Jakarta : Salemba Empat.

Soemarso. 2014. Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukartini, Putri dan Rahmi. 2019. Praktikum Komputer Akuntansi Accurate Accounting V.5. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

TMBooks. 2017. Sistem Informasi Akuntansi Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zamzal, Nusa dan Faiz. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan ke-2. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

http://pdppjkotabogor.com/2019/profil.pd.pasar.pakuan.jaya.kota.bogor. Situs ini diakses pada tanggal 19 November 2019.

https://penjualanresmiaccurate.com/2017/08/28/software-akuntansi-vs-excel-dalam-membuat-laporan-keuangan/. Situs ini diakses pada tanggal 27 Januari 2020.

https://zahiraccounting.com/id/blog/ini-keuntungan-menggunakan-software-akuntansi/. Situs ini diakses pada tanggal 27 Januari 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.