Sistem Informasi Akuntansi Dana Corporate Social Responsibility Pada Bank Bjb Cabang Bogor

Siti Aisyah, Siti Maimunah, Sigit Edy Surono

Abstract


PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten Tbk adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Selaku BUMD diwajibkan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan.

Berdasarkan uraian diatas penulis menyusun Tugas Akhir dengan judul Sistem Informasi Akuntansi Dana Corporate Social Responsibility pada bank bjb Cabang Bogor. Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengobservasi Sistem Informasi Akuntansi Dana Corporate Social Responsibility pada bank bjb. Penulis menggunakan metode observasi, metode kuisioner, dan metode pengumpulan data kepustakaan yaitu dengan mempelajari materi yang berkaitan dengan Tugas Akhir.

Dalam melaksanakan CSR, bank bjb berpedoman pada ISO 26000: Guidance Standard on Social Responsibility dan mengikuti aturan yang ada.

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan Sistem Informasi Akuntansi Dana CSR bank bjb telah dilaksanakan dengan baik. Terdapat perencanaan, pemisahan fungsi kerja, serta dokumen yang lengkap dan proses penyaluran yang terarah. Namun ada kelemahan yaitu  lamanya waktu untuk mendapatkan kelengkapan berkas perizinan untuk pembangunan kegiatan CSR yang dimulai dari nol. Penulis dapat memberi saran yaitu: bank bjb Cabang Bogor ikut aktif dalam Forum perencanaan CSR. Untuk Grup CSR bjb diharapkan lebih banyak berdiskusi dengan Dinas/Instansi terkait Perizinan, Agar program CSR untuk pembangunan berkelanjutan dapat dilaksanakan secara cepat, dan tepat.


References


Achmad Lamo Said. 2015. Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Atyanto Mahatmyo. 2014. Sistem Informasi Akuntansi Suatu Pengantar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Bustari muchtar dkk. 2016. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Kencana

Brooks Leonard J, Paul Dunn. 2012. Business & Professional Ethics, For Directors, Executives & Accountants (Terjemahan), Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Elisabet Yunaeti Anggraeni, Rita Irviana. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hutahaean, Jeperson. 2012. Konsep Sistem Informasi. DIY: CV Budi Utama.

Ikatan Bankir Indonesia. 2013. Memahami Bisnis Bank. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Marshall B Romney. Paul John Steinjbart. 2015. Accounting Information Systems terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad Djakfar. 2012. Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Depok: Penebar Plus.

Muliaman D Hadad, Istiana Maftuchah. 2015. Sustainable Financing Industri Jasa Keuangan dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: PT Gramedia.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nurdizal M Rachman, Amir Efendi, Emir Wicaksana. 2011. Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rizki Ahmad Fauzi. 2017. Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Samiaji Sarosa. 2009. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: PT Gramedia.

Situmeang, Ilona Vicenovie Oisina. 2016. Corporate Social Responsibility Dipandang dari Perspektif Komunikasi Organisasi. Yogyakarta: Ekuilibria.

Tri Hendro SP. 2017. Etika Bisnis Modern Pendekatan Pemangku Kepentingan dan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manjemen YKPN.

http://m.hukumonline.com/klinik/detail/lt52716870e6a0f/aturan-aturan-hukum-corporate-social-responsibility (diakses 10 maret 2018)

http://www.bankbjb.co.id/id/corporate-social-responsibility/corporate-social-responsibility.html (diakses 10 maret 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.