PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAM MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR.

Ahmad Fauji

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cibungbulang Kabupaten Bogor, serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks prosedur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan model Experiential Learning, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala saat menulis teks prosedur. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 1 Cibungbulang Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran Experiential Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur bisa teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil prates kelas eksperimen memperoleh 45,33 atau 45,33% dengan interprestasi kurang mampu dalam menulis teks prosedur. Sedangkan hasil postes dengan rata-rata 79,53 atau 79,53% dengan interprestasi mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 3,47%. Kemudian dapat dilihat perhitungan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0 = 3,47  dan db = 60 dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,67 serta taraf signifikan 1% sebesar 2,39. Hal itu berarti t0 lebih besar dari tt, 1,67<3.47>2,39.Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami siswa dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan model Experiential Learning terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket terdapat kendala yang dihadapi yaitu 14%  sebagian kecil mengalami kendala dalam menentukan tujuan. 17% sebagian kecil mengalami kendala daalam menentukan langkah-langkah. 17% sebagian kecil mengalami kendala dalam menggunakan konjungsi antarparagraf. Dengan demikian, dapat disimpulkan model pembelajaran Experiential Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cibungbulang Kabupaten Bogor.

Kata Kunci: Model Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Teks Prosedur

 

 

    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


ABSTRACT

 

The aims of the research were to find out the effect of Experiential Learning on improving students’ ability to write procedural text of eight graders of SMP Negeri 1 Cibungbulang, Bogor regency, and also to find out the problem faced by the students in writing procedural text through Experiential Learning. This research used experimental method. There were two kinds of data collection technique including test and questionnaire. Test was used to find out the effect of using Experiential Learning. Meanwhile, questionnaire was used to find out the students’ problem in writing procedural text. Population of the research was VIII graders of SMP Negeri 1 Cibungbulang, Bogor regency. Sample of the research was VIII-5 as experimental group and VIII-7 as control group which used cluster random sampling to decide. First hypothesis was Experiential Learning could improve students’ ability to write procedural text, and it can be proven. Based on the pre-test, it showed the result with average 45.33 or 45.33% in which the students were in lower level. Meanwhile the result of post-test increased to the average of 79.53 or 79.53% which meant they were in advance level. The result showed the significant increase on experimental group, that was 3.47%. Then, it could be seen the mean calculation of experimental and control group that used t-test formula, it was obtained t0 = 3.47and db = 60 with significance level 5% was 1.67 and 1% was 2.39. It showed that t0 was higher that tt, it could be written as 1.67<3.47>2.39. The second hypothesis was the students’ problem in writing procedural text through Experiential Learning could be proven. Based on the result of the questionnaire, it was gotten that 14% of the total students faced the problem in stating the aim. 17% of the total students faced problem in deciding the steps. 17% of the total students faced problem in choosing the conjunction on each paragraph. Based on the result of the research, it can be concluded that Experiential Learning can improve writing procedural text ability to VIII graders of SMP Negeri 1 Cibungbulang, Bogor regency.

Keywords: Experiential Learning, Procedural Text, Writing Ability.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.