HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII MTs TERPADU YAPISA CIBARENO KABUPATEN LEBAK, BANTEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks ulasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan tes membaca pemahaman dan tes keterampilan menulis teks ulasa. Setelah data terkumpu, peneliti langsung menganalisis data-data tersebut, kemudian menghubungkan hasil analisis kedua data tersebut dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa membaca pemahaman memberikan konstribusi terhadap keterampilan menulis teks ulasan sebesar 0,606 atau daftar taraf cukup. Berdasarkan koefisien korelasi teoretik/tabel yang terdapat pada tabel korelasi product moment, diperoleh keterangan bahwa pada taraf signifikan 5% untuk sampel 35 menunjukan angka 0,334 dan pada taraf 1% menunjukan angka 0,430. Hasilnya r tabel (5% = 0,334) < (r hitung 0,606) > r tabel (1% = 0,430). Berdasarkan kenyataan ini, bahwa terdapat hubungan positif membaca pemahaman (variabel X) dengan keterampilan menulis teks ulasan (variabel Y) baik pada taraf 5% maupun 1%, Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, 60,6% membaca pemahaman memberikan kontribusi terhadap keterampilan menulis teks ulasan.
Kata kunci: Membaca Pemahaman, Menulis Teks Ulasan
ABSTRACT
The aim of the research is to know the correlation between reading comprehension and writing review text. The method of the research is quantitative in using correlation technique. In this research, the researcher distributes reading comprehension test and writing review text in test to collect the data. After collecting the data, the researcher analyze the data and then correlate both of the result of analysis in using product moment formula. The result is reading comprehension gives contribution to write review text that is 0,606 or the list is adequate. Based on the correlation coefficient theoretical/table at product moment of correlation table, it means that in standard significant 5% for 35 sample is 0,334 and in standard 1% is 0,430. The result is r table (5% = 0,334) < (r calculate = 0,606) > r table (1% = 0,430). Based on the result, there is positive correlation between reading comprehension (X variable) and writing review text (Y variable) whether 5% or 1%, Ha is accepted and Ho is rejected. Therefore, 60,6% in reading comprehension gives contribution in writing review text.
Keywords : Reading Comprehension, Writing Review Text.
Refbacks
- There are currently no refbacks.