HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KELAS KATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BOGOR
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kelas kata dengan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi dan pengambilan sampel menggunakan teknik kuota random sampling.Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Tes ini digunakan utnuk mengetahui penguasaan kelas kata dan keterampilan menulis teks biografi. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara penguasaan kelas kata demgan keterampilan menulis teks biografi, terbukti kebenarannya berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi penguasaan kelas kata terhadap keterampilan teks biografi sebesar 0,521 atau berada pada taraf cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi penguasaan kelas kata pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Bogor berdasarkan pada presentase tingkat rmenulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Bogor berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 79,48. Berdsarkan koefisien korelasi teoretis/tabel yang terdapat pada tabel korelasi product moment, diperoleh keterangan bahwa pada taraf signifikan 5% untuk sampel 39 menunjukkan angka 0,316 dan pada taraf 1% menunjukan angka 0,408. Hasilnya rt (5% = 0,316) < (rxy= 0,521) > rt ( 1% = 0,408). Berdasarkan kenyataan ini, bahwa terdapat hubungan positif penguasaan kelas kata (variabel X) dengan keterampilan menulis teks biografi (variabel Y) baik pada taraf 5% maupun 1 %, Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, 52% penguasaan kelas kata memberikan kontribusi terhadap keterampilan menulis teks biografi, sedangkan keterampilan 48% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci :Penguasaan Kelas Kata, Keterampilan Menulis Teks Biografi
Refbacks
- There are currently no refbacks.