PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSEMPLUM SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BOGOR
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksemplum siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bogor, serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks eksemplum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks eksemplum. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX-H sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX-I sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksemplum dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 41,94. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan siswa berada pada taraf kurang mampu. Sedangkan hasil postes kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 82,97 dengan taraf kemampuan mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 41,03%. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh harga t0,99 = 2,39 dan harga t0,95= 1,67. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar dari pada ttabel atau harga thitung signifikan karena ttabel<thitung, yaitu 1,67 <3,46> 2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks eksemplum terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, sebanyak 19 siswa (56%) mengalami kendala saat menuangkan ide atau pikiran dalam menulis teks eksemplum. Kemudian 21 siswa (62%) mengalami kendala saat memilih diksi dalam menulis teks eksemplum, dan 18 siswa (53%) mengalami kendala saat menulis teks eksemplum sesuai dengan kriteria penulisan teks eksemplum. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksemplum.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, teks eksemplum, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksemplum siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bogor, serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks eksemplum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks eksemplum. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX-H sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX-I sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksemplum dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 41,94. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan siswa berada pada taraf kurang mampu. Sedangkan hasil postes kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 82,97 dengan taraf kemampuan mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 41,03%. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh harga t0,99 = 2,39 dan harga t0,95= 1,67. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar dari pada ttabel atau harga thitung signifikan karena ttabel<thitung, yaitu 1,67 <3,46> 2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks eksemplum terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, sebanyak 19 siswa (56%) mengalami kendala saat menuangkan ide atau pikiran dalam menulis teks eksemplum. Kemudian 21 siswa (62%) mengalami kendala saat memilih diksi dalam menulis teks eksemplum, dan 18 siswa (53%) mengalami kendala saat menulis teks eksemplum sesuai dengan kriteria penulisan teks eksemplum. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksemplum.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, teks eksemplum, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Refbacks
- There are currently no refbacks.