ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA DEPAN DI, KE DAN AWALAN DI-, KE- PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 1 JONGGOL BOGOR

Dea Suryana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kata depan di, ke dan awalan di-, ke- yang terdapat pada karangan narasi siswa. Fokus permasalahan penelitian ini yaitu penggunaan kata depan (preposisi) di, ke pada karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Jonggol Bogor dan penggunaan awalan di-, ke- pada karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Jonggol Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan. Data penelitian ini adalah penggunaan kata depan di, ke dan awalan di-, ke- dalam karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Jonggol Bogor. Sumber data yang digunakan yaitu adalah karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Jonggol Bogor. Hasil penelitian menunjukan kesalahan penggunaan kata depan di, ke dan awalan di-, ke- sebanyak 79 data dari 31 karangan yang dianalisis. Dari 79 kesalahan yang dianalisis, jenis kesalahan kata depan di sebanyak 24.05%, kata depan ke sebanyak 22.79%, awalan di- sebanyak  50.63%, dan awalan ke- sebanyak 2.53%. Dilihat dari analisis data tersebut jenis kesalahan penggunaan kata depan di, ke dan awalan di-, ke- yang paling banyak adalah jenis kesalahan penggunaan awalan di- sebanyak 50.63%. Penelitian ini juga membandingkan kesalahan pengunaan dan penggunaan yang tepat dalam pemakaian kata depan di, ke dan awalan di-, ke-. Penggunaan kata depan di pada karangan narasi terdapat 99. Dengan jumlah kesalahan penggunaan sebanyak 19.19% dan penggunaan yang tepat sebanyak 80.80%. Penggunaan kata depan ke pada karangan narasi terdapat 65. Dengan jumlah kesalahan penggunaan sebanyak 27.69% dan penggunaan yang tepat sebanyak 72.30%. Penggunaan awalan di- pada karangan narasi terdapat 54. Dengan jumlah kesalahan penggunaan sebanyak 74.07% dan penggunaan yang tepat sebanyak 25.92%. Penggunaan awalan ke- pada karangan narasi terdapat 9. Dengan jumlah kesalahan penggunaan sebanyak 22.22% dan penggunaan yang tepat sebanyak 77.77%. Dilihat dari perbandingan keduanya kesalahan penggunaan awalan di- mempunyai posisi paling tinggi yaitu 74.07%, sedangkan untuk penggunaan yang tepat kata depan di memiliki posisi paling tinggi yaitu 80.80%.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.