PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERINGKAS TEKS CERITA ULANG PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA BOGOR

Diary Vinasari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media grafis dalam meningkatkan keterampilan meringkas teks cerita ulang pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bogor serta untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam meringkas teks cerita ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bogor sebanyak 310 siswa. Sampel yang diperoleh adalah XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media grafis dapat meningkatkan keterampilan meringkas teks cerita ulang yang telah teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 47,23%, sedangkan hasil postes meringkas pada kelas eksperimen dengan menggunakan media grafis mengalami peningkatan rata-rata 82,79% dengan taraf kemampuan mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 35,56%. Kemudian, dapat dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh harga t0,99= 2,39. Dengan demikian, thitungjauh lebih besar dari pada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu menjadi 1,67 < 3,19 > 2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh siswa dalam meringkas teks cerita ulang telah teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil angket menyatakan bahwa ada 29 siswa (83%) hampir seluruhnya siswa mengalami kendala dalam meringkas cerita sejarah/pengalaman pribadi dengan menggunakan bagan alir (media grafis), lalu ada 32 siswa (91%) sebagian kecil siswa mengalami kendala saat menggunakan kata kerja mental penggambaran tokoh, dan ada 24 siswa (69%) sebagian besar atau hampir separuhnya siswa mengalami kendala saat menentukan kata sambung, kata depan, ataupun nomina urutan waktu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media grafis dapat meningkatkan keterampilan meringkas teks cerita ulang dan terdapat kendala meringkas pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bogor.

Kata Kunci: Media Grafis, Keterampilan Meringkas, Teks Cerita Ulang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.