PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL BERITA DOKUMENTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BOGOR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi melalui media audiovisual berita dokumenter pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Bogor dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam menulis teks eksposisi melalui media audiovisual berita dokumenter. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua kali siklus dan postes pada akhir setiap tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi dalam bentuk foto. Hipotesis pertama dapat dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa. Keterampilan menulis teks eksposisi meningkat setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media audiovisual berita dokumenter. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata prates menulis teks eksposisi di kelas X yaitu 59,09 atau 59,09%, nilai tersebut masih berada di bawah KKM 76. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks eksposisi meningkat menjadi 75,34 atau 75,34%. Pada siklus II nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks eksposisi meningkat menjadi 90,78 atau 90,78%. Keberhasilan penggunaan media audiovisual berita dokumenter pada keterampilan menulis teks eksposisi terlihat jelas pada persentase kenaikan hasil postes siswa tiap siklus sebesar 20,49%. Hipotesis kedua dapat dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam menulis teks eksposisi melalui media audiovisual berita dokumenter di kelas X pada siklus I dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 77,67%, sedangkan aktivitas siswa dalam menulis teks eksposisi melalui media audiovisual berita dokumenter di kelas X pada siklus II dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 92,85%. Keberhasilan penggunaan media audiovisual berita dokumenter dalam meningkatkan aktivitas siswa terlihat jelas pada peningkatan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 15,18%. Hasil tersebut menunjukkan keberhasilan meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi melalui media audiovisual berita dokumenter”.
Kata kunci: Menulis, Teks Eksposisi, Berita Dokumenter
Refbacks
- There are currently no refbacks.