PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII MTs AL-GHAZALY BOGOR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan kendala model pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Al-Ghazaly Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ghazaly Bogor. Sampel yang diperoleh adalah VII-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan VII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Hipotesis pertama teruji kebenarannya dengan melihat hasil prates menulis teks prosedur yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 72, sedangkan pada hasil postes menulis teks prosedur pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) mengalami peningkatan rata-rata 83, bukti diperkuat dengan perbedaan mean. Berdasarkan perhitungan diperoleh harga thitung =3,47 dan d.b = 60. Dengan demikian nilai thitung jauh lebih besar dari pada ttabel karena nilai thitung <ttabel yaitu 1,67 <3,47> 2,39. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur. Hipotesis kedua, teruji kebenarannya dengan melihat hasil yang diperoleh pada data angket bahwa sebagian atau lebih dari separuh mengalami kendala dalam menulis teks prosedur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) dapat meningkatkan keterampilan dan terdapat kendala dalam menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Al-Ghazaly Bogor.
Kata kunci: Eksperimen, Model Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran), Teks Prosedur.
Refbacks
- There are currently no refbacks.