PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAJUR HALANG KABUPATEN BOGOR

Erna Aprilianti

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Quantum Learning dalam meningkatkan keterampilan memproduksi teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tajur Halang, serta untuk mengetahui kendala siswa dalam memproduksi teks cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan model Quantum Learning, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tajur Halang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan memproduksi teks cerita pendek dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 58 atau 58% dapat diketahui kemampuan siswa kurang mampu dalam memproduksi teks cerita pendek sedangkan hasil postes dengan taraf kemampuan 79 atau 79% dengan interpretasi baik. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 21%. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan manggunakan rumus uji t, diperoleh harga tₒ = 2,727 dan db= 60 dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,67 serta taraf signifikan 1% sebesar 2,39. Dengan demikian tₒ lebih besar dari t 1,67 <2,727> 2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami siswa dalam memproduksi teks cerita pendek terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 30 siswa atau 79% mengalami kendala dalam memulai cerita ketika menulis teks cerita pendek. Kemudian 5 siswa atau 13% mengalami kendala saat mencari contoh atau buku sumber menulis teks cerita pendek. Dengan demikian penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita pendek.

Kata kunci : Keterampilan, Memproduksi, Teks Cerita Pendek, Model Quantum Learning


Refbacks

  • There are currently no refbacks.