PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI KARTUN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VIII MTs. SI 2 KALAPANUNGGAL SUKABUMI

Hikmah Sukamawati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar seri kartun dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII MTs. SI 2 Kalapanunggal Sukabumi, serta mengetahui kendala dalam penggunaan media gambar seri kartun, dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII MTs. SI 2 Kalapanunggal Sukabumi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan teknik angket. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII MTs. SI 2 Kalapanunggal Sukabumi melalui penggunaan media gambar seri kartun, sedangkan teknik digunakan untuk mengatahui kendala yang dialami siswa saat menggunakan media gambar seri kartundalam pembelajaran teks cerita fabel. populasi dalam penelitia ini adalah siswa VIII Mts. SI 2 Kalapanunggal terdiri dari lima kelas berjumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa yaitu kelas VIII-A berjumlah 23 siswa sebagai kelas Eksperimen, dan kelas VIII-B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random. Berdasarkan hasil analisis data, hipotesis pertama terbukti kebenarannya, bahwa penggunaan media gambar seri kartun dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel. hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai menulis teks cerita fabel di kelas eksperimen. Hasil prates di kelas eksperimen diperoleh data bahwasiswa menpunyai tingkat kemampuan 42%, dengan rata-rata 41,88. Hasil postes di kelas ekperimen mempunyai tingkat 87%, dengan rata 86,66, dengan kata lain mengalami peningkatan 45% atau 44,78. Hal itu menunjukan bahwa media gambar seri kartun dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel. bukti itu dikuatkan lagi dengan adanya perbadaan yang signifikan antara skor hasil tes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t00,99 = 2,39 dan harga t0 0,95 = 1,67, t0 lebih besar daripada tt 1,67 <3,3> 2,39. Hipotisis kedua juga terbukti kebenarannya, bahwa siswa mengalami kendala dalam pembelajaran keterampilan menulis teks cerita fabel dengan menggunakan media gambar seri kartun, siswa mengalami kendala saat mengerjakan tugas yang diberikan guru, siswa mengalami kendala dalam menerima setiap media yang dipergunakan oleh pada saat pembelajaran menulis teks cerita fabel, dan siswa mengalami kendala ketidakjelasan susunan gambar saat memperhatikan media gambar seri kartun.

 

Kata Kunci : Menulis, Teks, Gambar Seri kartun


Refbacks

  • There are currently no refbacks.