PENERAPAN MEDIA GAMBAR KARIKATUR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BOGOR

Ilham Wildanni

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran  keterampilan menulis teks ekplanasi serta mengetahui kendala yang dihadapi siswa kelas XI SMK Negeri 1Bogor, ketika menerapkan media gambar karikatur. Penelitian dilakukan melalui kegiatan mengajar pada kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Bogor. Kelas yang menjadi responden penelitian adalah kelas XI Pemasaran 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa. Sedangkan kelas XI Pemasaran 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah responden sebanyak 36 siswa. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran menerapkan media gambar karikatur. Pada kelas kontrol diterapkan media audio. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes keterampilan menulis teks eksplanasi dan angket. Pertemuan dilaksanakan sebanyak dua kali baik pada kelas eksperimen maupun   kelas kontrol. Setelah melakukan penelitian melalui pengumpulan data berupa hasil tes siswa dan angket, maka diperoleh hasil sebagai pembuktian hipotesis penelitian. Berdasarkan proses penelitian dengan menggunakan instrumen prates dan postes, diperoleh data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 42,93. Kemudian setelah postes, rata-rata kelas meningkat menjadi 85,94. Kemudian bukti lain, berdasarkan hasil penghitungan uji t, diperoleh  data harga t0 = 3,6  dan db = 70 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,66 serta tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,38 dan apabila dituliskan menjadi 1,66<3,6>2,38. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan media gambar karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bogor. Berdasarkan data yang diambil dari angket yang diberikan kepada 36 siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bogor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan, bahwa terdapat kendala yang dihadapi yaitu 28% hampir separuhnya siswa mengalamai kendala dengan memperhatkan struktur. 22% sebagian kecil mengalami kendala dalam memperhatikan konjungsi sebab-akibat. 56% sebagian besar siswa terkendala menggunakan ciri bahasa, dan 25% hampir separuhnya siswa mengalami kendala dalam membuat teks eksplanasi dengan memperhatikan kosakata.

Kata Kunci: Teks Eksplanasi, Media Gambar Karikatur

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.