PENGGUNAAN MEDIA PHOTO STORY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BOGOR

Irmasari Irmasari

Abstract


ABSTRAK

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Photo Story dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor. Sample penelitian ini adalah kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media Photo Story dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor dapat teruji kebenarannya , dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan memperoleh nilai rata-rata kelas, yaitu 61 berada pada tingkat penguasaan cukup. Untuk rata-rata nilai postes kelas eksperimen , yaitu 83 berada pada tingkat penguasaan baik. Kemudian, dapat , dapat dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh harga thitung = 3,52 dan d.b=57 dengan ttabel taraf  t0,99 = 2,39  dan t0,95=1,67. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel  yaitu 1,67 < 3,52 > 2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor. Kendala siswa tersebut dengan adanya hasil analisis angket sebanyak 25 siswa (83%) mengalami kendala saat menentukan objek dalam menulis teks deskripsi. Kemudian sebanyak 18 siswa (60%) mengalami kendala dalam pemakaian EYD dalam menulis teks deskripsi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Photo Story  dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor, meskipun siswa masih mengalami kendala.

 

Kata kunci Keterampilan menulis, teks deskripsi, media Photo Story


Refbacks

  • There are currently no refbacks.