PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMA PLUS PGRI CIBINONG BOGOR

Khalida Puspitaningtyas

Abstract


ABSTRAK

 

                Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model project based learning dalam meningkatkan proses belajar menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Bogor, serta mengetahui hasil belajar siswa saat menulis teks laporan hasil observasi. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Bogor. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Unggulan 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X Unggulan 7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Hipotesis pertama, terbukti bahwa model project based learning dapat meningkatkan proses belajar keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Bogor. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket siswa. Selama proses belajar menulis teks laporan hasil observasi, siswa mengetahui peran penting menulis, mengetahui, dan menyukai kegiatan menulis teks laporan hasil observasi. Guru memberikan materi teks laporan hasil observasi di sekolah, siswa mendapatkan pelajaran mengenai menulis teks laporan hasil observasi, siswa membuat teks laporan hasil observasi, dan terdapat kesulitan yang dialami siswa dalam menuangkan ide/gagasan teks laporan hasil observasi. Model Project Based Learning dapat meningkatkan minat menulis, meningkatkan kemampuan menulis, membantu siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi, dan terdapat pula kelebihan dalam model Project Based Learning yang dirasakan oleh siswa. Terdapat kegaduhan selama proses pembelajaran. Siswa menyukai pembelajaran dan merasakan manfaat model Project Based Learning. Hipotesis kedua, yaitu terbukti bahwa model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Bogor, teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil prates materi teks laporan hasil observasi yang diperoleh di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 55, sedangkan hasil postes nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81.Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa yang lebih baik dengan menggunakan model project based learning, yaitu nilai rata-rata 55 menjadi 81. Berdasarkan perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga tₒ= 3,34, harga t₀₉₅= 1,67, dan harga t₀₉₉= 2,39 dengan demikian tₒ lebih besar daripada ttab dengan perbandingan 1,67 <3,34> 2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen.

Kata Kunci: Keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi, Project Based Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.