PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII MTs MATHLAHUL ANWAR LEUWILIANG BOGOR

Mohamad Akbar

Abstract


ABSTRAK

 

Mohamad Riva Nur Akbar. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII MTs Mathlahul Anwar Leuwiliang Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan.

Tujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiah Mathlahul Anwar Leuwiliang, serta dapat meningkatkan efektivitas belajar peserta didik kelas VIII MTs Mtahlahul Anwar Leuwiliang Bogor dalam menulis Teks Berita. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui model pembelajaran mind mapping pada siswa kels VIII Madrasah Tsanawiah Mathlahul Anwar Leuwiliang Bogor. dan mengetahui efektivitas siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiah Mathlahul Anwar dalam keterampilan menulis teks berita melalui model pembelajaran mind mapping. Hipotesis tersebut dapat diterima dan dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik serta terbukti dari hasil pengamatan (observasi) terhadap efektivitas belajar peserta didik yang dilakukan oleh dua kolaborator. Keterampilan menulis Teks Berita meningkat setelah dilakukan pembelajaran melalui model pembelajaran Mind Mapping. Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata prates menulis Teks Berita di kelas VIII yaitu 68,27  atau 68% saat postes siklus I nilai rata-rata keterampilan menulis Teks Berita meningkat menjadi 74,06 atau 74%. Sedangkan saat postes siklus II nilai rata-rata kemampuan menulis Teks Berita meningkat secara signifikan menjadi 83,57 atau 83%. Keberhasilan kemampuan menulis Teks Berita setelah diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping pada penelitian tindakan kelas menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 83%. Keberhasilan kemampuan menulis Teks Berita setelah menggunakan Model pembelajaran Mind Mapping pada penelitian tindakan kelas  menunjukkan peningkatan dan mencapai ukuran keberhasilan belajar tuntasnya dengan nilai rata-rata 83%. Keberhasilan penerapan model pembelajaran Mind Mapping terlihat pula pada perbedaan yang signifikan antara hasil tes menulis Teks Berita pada postes mengalami peningkatan sebesar 74% siklus I dan 83% pada postes kedua siklus II.

Kata kunci: Keterampilan Menulis, Menulis Teks Berita, Model  Pembelajaran Mind Mapping.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.