PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP IT NURUL FALAH CICURUG SUKABUMI

Mega Aprilia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media film kartun dalam meningkatkan keterampilan menulis dongeng pada siswa kelas VII SMP IT Nurul Falah Cicurug Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP IT Nurul Falah Cicurug Sukabumi. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penggunaan media film kartun dapat meningkatkan keterampilan menulis dongeng terbukti kebenarannya, dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan memperoleh nilai rata-rata kelas, yaitu 42,3125 berada pada tingkat penguasaan kurang mampu. Untuk rata-rata nilai postes yaitu 84,2083  berada pada tingkat penguasaan sangat mampu. Sementara hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji-t, diperoleh data harga to = 3,47 dan d.b = 46 setelah melakukan pengetesan satu ekor dalam tabel t hitung d.b 46 mendekati ke d.b 60, maka ts0,95 diperoleh nilai tt 1,67 dan ts = 0,99  di proleh nilai tt = 2,39 dengan demikian 1,67 <3,47> 2,39. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa to sebesar 3,47 lebih besar dari  ts 0,95 sebesar 1,67 dan ts 0,99 sebesar 2,39. Hipotesis kedua yaitu, siswa mengalami kendala dalam meningkatkan keterampilan menulis dongeng melalui penggunaan media film kartun dapat diterima kebenarannya. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya hasil analisis angket yang menyatakan Kendala yang dihadapi siswa dalam menulis dongeng, yaitu ketika menentukan alur dalam sebuah dongeng, sebanyak 20 siswa atau 83% mengalami kendala. Menentukan penokohan dalam sebuah dongeng sebanyak 20 siswa atau 83% mengalami kendala. Menentukan amanat dalam sebuah dongeng, sebanyak 20 siswa atau 83% mengalami kendala dan 20 siswa atau 83% mengalami kendala dalam menggunakan gaya bahasa dalam menulis dongeng. Siswa yang mengalami kendala dan yang tidak mengalami kendala memiliki persentase hampir sama. Dengan demikian, media film kartun dapat meningkatkan keterampilan menulis dongeng pada siswa kelas VII SMP IT Nurul Falah Cicurug sukabumi sebagian kecil siswa masih mengalami kendala.

 

Kata Kunci : Keterampilan menulis, dongeng, media film kartun


Refbacks

  • There are currently no refbacks.