PENERAPAN TEKNIK CLUSTERING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP AL-GHAZALY BOGOR

Nisrina Tahani

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Al-Ghazaly Bogor melalui penerapan teknik clustering serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks narasi. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPAl-Ghazaly Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan teknik clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 62 dapat diketahui kemampuan siswa cukup mampu dalam menulis teks narasi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis teks narasi meningkat menjadi 86 dengan taraf kemampuan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung = 3,4 dan d.b. = 60, selanjutnya dilakukan pengetesan pada tabel t. Nilai d.b. 60 dan diperoleh harga t0,95 = 1,67 dan harga t0,99= 2,39. Dengan demikian, thitung lebih besar daripada harga ttabelyaitu 1,67< 3,4>2,39. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks narasi terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa siswa dalam menulis teks narasi mengalami kendala yang dialami siswa yaitu saat menuangkan ide atau pikiran dalam menulis teks narasi sebanyak 17 siswa atau 74%, kendala saat membuat kerangka teks narasi 18 atau 56%, kendala memilih diksisebanyak 18 siswa atau 56%, dan kendala saat membuat kaitan antar gagasan sebanyak 9 siswa atau 28%. Dengan demikian, penerapan teknik clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi walaupun terdapat kendala selama proses pembelajaran. Meskipun, tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan yang dicapai oleh siswa.

 

Kata kunci: Keterampilan menulis, teks narasi, teknik clustering.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.