PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA ULANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTAL LEARNING) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 CIKARANG UTARA BEKASI

Puji Cahyati

Abstract


ABSTRAK

Puji Cahyati, 2017, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Ulang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Cikarang Utara Bekasi”, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan menulis teks cerita ulang melalui model Eksperiental Learning siswa kelas XI SMA Negeri 2 Cikarang Utara dan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa melalui model Eksperiental Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua  siklus dan postes pada akhir setiap tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan menulis teks cerita ulang melalui model Eksperiental Learning dan dapat meningkatkan efektivitas kreativitas siswa kelas XI SMA Negeri 2 Cikarang Utara melalui model Eksperiental Learning. Hipotesis tersebut dapat diterima dan dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa serta terbukti dari hasil pengamatan observasi dan hasil angket siswa terhadap efektivitas kreativitas siswa. Keterampilan menulis teks cerita ulang meningkat setelah dilakukan dengan menggunakan model Experiental Learning. Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata prates menulis teks cerita ulang di kelas XI MIPA 4 yaitu 67,68 atau 67,68%, saat postes siklus I nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita ulang menjadi 71,28 atau 71,28%. Sedangkan pada postes siklus II nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerita ulang meningkat secara signifikan menjadi 85,31 atau 85,31%. Keberhasilan keterampilan menulis teks cerita ulang setelah diterapkannya model Experiental Learning pada penelitian tindakan kelas menunjukkan peningkatan dan mencapai ukuran keberhasilan belajar tuntas yakni nilai rata-rata 75%. Keberhasilan penggunaan model terlihat pula pada perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil tes menulis teks cerita ulang pada prates mengalami persentase kenaikan sebesar 3,6% pada postes 1 (siklus I) dan 14,03%  pada postes 2 (siklus II). Dengan demikian,  penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang melalui model pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning).

Kata kunci: Keterampilan menulis, Teks cerita ulang, Model Experiental Learning


Refbacks

  • There are currently no refbacks.