PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BOGOR

Relati Haryantini

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bogor melalui penerapan model discovery learning serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks eksposisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 3 Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 70 dapat diketahui kemampuan siswa cukup dalam menulis teks eksposisi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis teks eksposisi meningkat menjadi 85 dengan taraf kemampuan baik sekali. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0= 3,33dan d.b.= 67 dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 < 3,33 > 2,39 hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks eksposisi terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa siswa dalam menulis teks eksposisi mengalami kendala dalam menuangkan isi gagasan sebanyak 25 siswa atau 74%, kendala saat memilih diksi sebanyak 22 atau 65%, kendala saat menganalisis teks eksposisi berdasarkan struktur sebanyak 25 atau 74 %. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi walaupun terdapat kendala selama proses pembelajaran. Meskipun, tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan yang dicapai oleh siswa.

 

Kata kunci: Keterampilan menulis, teks eksposisi, model discovery learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.