PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN TEKS BIOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-HIDAYAH CITARINGGUL BOGOR

Resiyana Resiyana

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran hasil peningkatan kemampuan menulis ringkasan teks biografi melalui penerapan model Discovery Learning pada siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Citaringgul Bogor. Hipotesis pertama, adanya peningkatan proses belajar siswa dalam menulis ringkasan teks biografi melalui penerapan model Discovery Learning, dapat dibuktikan kebenarannya dengan hasil observasi pada nilai keaktifan siswa. Hipotesis kedua adanya peningkatan hasil belajar siswa dapat dibuktikan kebenarannya dengan nilai rata-rata prates menulis ringkasan teks biografi di kelas VIII 8 yaitu 51,38 dengan persentase 51% yang dapat dikatakan masih jauh dari KKM yaitu 75. Saat postes siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis ringkasan teks bografi meningkat menjadi 69,64 dengan persentase 70% tetapi masih belum mencapai nilai KKM hanya saja sudah banyak peserta didik yang cukup mampu dalam menulis ringkasan teks biografi dan saat postes siklus II nilai rata-rata kemampuan menulis ringkasan teks biografi meningkat secara signifikan menjadi 82,15 dengan persentase 82%. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan kemampuan menulis ringkasan teks biografi melalui penerapan model Discovery Learning.

Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Menulis Ringkasan Teks Biografi, Model Pembelajaran Discovery Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.