ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE-LIYE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Riri Syafitri

Abstract


Riri Amalia Syafitri : Analisis Tindak Tutur dalam Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere-Liye serta Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia  di SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan  Bogor, 2017.

Tindak tutur direktif adalah tindak tutur yang mendorong pendengar untuk melakukan sesuatu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis tindak tutur apa saja yang terdapat pada novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere-Liye, mengidentifikasi tindak tutur direktif dan untuk mengetahui implikasi penggunaannya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan, mencatat, dan menginterpretasikan tindak tutur pada novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere-Liye. Pada keseluruan data yang di dapat dan dilihat dari kuantitas terdapat data tindak tutur direktif yang bervariasi, dimulai dari data yang terbanyak yaitu tindak tutur direktif memerintah (21%), mengomentari (19%), menyampaikan (16%), memohon (15%), menyarankan (10%), menasihati (10%) dan tindak tutur dalam bentuk kalimat meminta (9%). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere-Liye memiliki implikasi yang positif dan layak dijadikan bahan ajar sastra di SMA. Manfaat penelitian ini agar siswa dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tindak ujar terhadap karya sastra. Bagi guru dan sekolah dapat dijadikan inspirasi upaya peningkatan mutu pembelajaran sastra. Hal tersebut sesuai dengan kriteria penilaian bahan ajar berdasarkan kurikulum 2013 sesuai dengan KD 4.9 dan 3.9 yaitu merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi kebahasaan baik lisan maupun tulisan.

Kata kunci: analisis, pragmatik, tindak tutur direktif, menyampaikan, menyarankan, mengomentari, memerintah, memohon, menasihati dan meminta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.