PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA ULANG SISWA KELAS XI SMAN 1 JASINGA KABUPATEN BOGOR

Nenden Yuniarti

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model  Peta Konsep (Mind Mapping) dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI SMAN 1 Jasinga serta mengetahui aktivitas siswa kelas XI SMAN 1Jasinga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu ekperimen dengan menggunakan tes, angket, dan observasi. Hipotesis pertama yaitu Penerapan Model Peta Konsep (Mind Mapping) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI SMAN 1 Jasinga, teruji kebenarannya. Dengan melihat hasil tes awal (prates) keterampilan menulis teks cerita ulang hasil observasi pada kelas ekperimen, nilai siswa berada pada kategorikurang dengan nilai rata-rata 56, sedangkan pada hasil akhir (postes) dengan menerapkan model Peta Konsep (Mind Mapping) pada kelas eksperimen, terlihat kemampuan siswa mengalami peningkatan menjadi mampu dengan nilai rata-rata 81. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0=  3,21 dan d.b.= 60 dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 <3,21> 2,39 hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen.Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks cerita ulang terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa siswa dalam menulis teks cerita ulang mengalami kendala dalam menulis teks cerita ulangsebanyak 18 siswa atau 56%, kendala pada saat menentukan judul sebanyak 17 atau 53%, dan kendala pada saat menganalisis contoh teks cerita ulang berdasarkan struktur sebanyak 25siswa atau 78 %. Berdasarkan data tersebut, penerapan model pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang.

 

Kata kunci: Keterampilan menulis, teks cerita ulang, model pembelajaran peta konsep (mind mapping).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.